Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Bagi Pengguna PS3 ODE

Hal Penting Bagi Pengguna PS3 ODE

Baiklah, kali ini saya akan membahas beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pengguna PS3 ODE. 
PS3 ODE merupakan sebuah konsol PS3 yang ditambahkan chip yang bernama Optical Drive Emulator atau sering disebut ODE. ODE ini berfungsi untuk memainkan game bajakan, sebenarnya PS3 ODE tidak berbeda jauh dengan PS3 CFW. Namun PS3 ODE sering digunakan di seri CECH-3000 dan CECH-4000, karena dalam seri ini CFW tidak bisa di install maka lahirlah ODE.

Perbedaan PS3 CFW dan ODE terletak dari sisi Firmware yang dipakainya, PS3 CFW bebas menggunakan versi custom firmware terbaru tanpa ada resiko. Namun berbeda dengan PS3 ODE, oleh karena itu mari simak penjelasannya dibawah ini.

ps3 ode
Gambar : http://www.pharaboot.com

1. Jangan Upgrade PS3

Menurut saya, hal ini masih banyak yang melakukannya. Kenapa jangan upgrade PS3 ODE kalian ? Karena PS3 ODE sekarang menggunakan FW 4.53 (Superslim) dan 4.55 (Slim). Pada Firmware tersebut chip ODE masih bisa berjalan dengan baik untuk memainkan game bajakan. Namun pada firmware selanjutnya atau terbaru chip ODE tidak akan berjalan dan tidak bisa memainkan game bajakan lagi bahkan ODE nya juga tidak terdeterksi.

Namun ada produk Cobra ODE yang bisa memainkan game bajakan di firmware terbaru. Tapi hal tersebut sangatlah sulit, kita membutuhkan sebuah kaset atau suka disebut Swapdisk. Jadi, saya sarankan teman - teman supaya tidak mengupgrade PS3 ODEnya.

2. Cabut Kabel Power Ketika Selesai Main

Jika kita lihat sepintas hal ini memang tidak patut disebutkan sebagai larangan bagi pengguna PS3 ODE. Tapi saya punya sedikit pengalaman. Saat pertama beli ps3 ode, saya disarankan untuk mencabut kabel power setelah selesai memainkannya, hal itu saya lakukan soalnya emang benar-benar waham wkwk. 
Namun, permasalahan ini lebih saya percayai ketika pada saat saya membersihkan ps3 dan membongkarnya. Disana terdapat chip ode yang menempel dibagian atas ps3 dan setelah beres membersihkannya saya coba masukkan kabel power, disana terlihat bahwa chip ode langsung menyala padahal ps masih dalam keadaan OFF.

Jadi, kesimpulannya meskipun PS dalam keadaan OFF tapi kabel power masih dicolokkan, ODE akan tetap berjalan. Oleh karena itu, setelah memainkan ada baiknya mencabut kabel power untuk keamanan dan kesehatan PS3 ODE nya.

3. Game PS3 ODE = PS3 CFW

Mungkin masih banyak yang kebingungan untuk mengisi game PS3 ODE. Sebenarnya jangan susah-susah cari ke toko-toko yang menyediakan game ode. Malahan biasanya toko tersebut suka menjualnya dengan harga yang mahal. Padahal dari segi apapun game cfw dan ode itu sama-sama saja. Yang membedakan game ode harus melewati resign eboot.bin dan param.sfo biar bisa dimainkan di ps3 ode.

Resign eboot.bin ini berfungsi untuk mengedit eboot original sebuah game agar bisa dimainkan di ps3 ode, dan edit param.sfo berfungsi supaya game bisa berjalan di firmware rendah sekalipun. Untuk tutorialnya teman - teman bisa klik link dibawah ini
Artikel Terkait : CARA RESIGN EBOOT.BIN & EDIT PARAM.SFO UNTUK PS3 ODE
Mungkin begitulah beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pengguna ps3 ode. Semoga artikel ini bermanfaat, untuk mendapatkan update artikel terbaru silahkan isi dibagian Follow by Email. 

4 Responses to "Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Bagi Pengguna PS3 ODE"

  1. Wahh informasinya mantap gan (y)

    ReplyDelete
  2. Kalo upgrada juga jangan ya gan??
    untung lah masih dalam keadaan standar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan gan kalo firmware melebihi 4.53 (superslim) atau 4.55 (slim). Chip ODE tidak akan berjalan lagi, jadi nantinya harus memainkan game original

      Delete
  3. Wah info bagus ni utk pngusaha rental PS

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel