Penjelasan, Kelebihan dan Kekurangan Memasang Disqus di Blog

 Kelebihan dan Kekurangan Memasang Disqus di Blog

Diupdate pada 16 November 2018
Kelebihan dan Kekurangan Disqus - Dalam membangun blog tentu kita harus membuat pengunjung nyaman, baik dari tampilan sampai konten yang disediakan. Tidak lengkap rasanya apabila dalam sebuah blog tidak terdapat kolom komentar, karena dengan adanya kolom komentar otomatis pengunjung bisa tahu lebih mengenai artikel yang dia baca, misalnya menanyakan apabila belum paham.

Secara default, kolom komentar blog biasanya sudah tersedia. Namun kali ini saya akan mengenalkan kolom komentar Disqus yang mana mempunyai kelebihan tersendiri apabila kamu memasang Disqus di blog.

Apa itu Disqus ?

Disqus yang berasal dari bahasa Inggris yaitu "discuss" atau memiliki arti "diskusi" dimana merupakan suatu layanan sistem komentar berjaringan di dunia maya yang memungkinkan penggunanya untuk berdiskusi dan berbagi layaknya sosial media. Sekarang Disqus ini sudah banyak digunakan oleh para blogger di berbagai platform, seperti Blogger dan Wordpress.

Keberadaan internet dari tahun ke tahun semakin dibutuhkan, tidak sedikit yang menggunakan internet untuk mencari jawaban dari berbagai sumber. Kehadiran Disqus ini sangat membantu bagi mereka untuk "berdiskusi" sesama pengguna Disqus lainnya.

Untuk memperjelas artikel ini, dibawah ini saya akan paparkan beberapa Kelebihan dan Kekurangan Disqus apabila kamu memasangnya.

Kelebihan Disqus

Selain bisa menjadikan form komunikasi interaktif yang tidak lagi menawarkan komunikasi satu arah, Disqus mempunyai manfaat tersendiri bagi situs yang telah memasangnya. Adapun manfaat - manfaat tersebut diantaranya :

1. Memiliki Tampilan yang Bagus

Desain Disqus sendiri bisa dibilang "kekinian", karena memiliki desain minimalis dengan warna yang simple tapi menarik. Hal tesebut jelas sangat mempengaruhi para pengunjung supaya betah berada di blog dan tentu membuatnya ingin berkomentar.

2. Moderasi Komentar

Disqus menyediakan "fitur moderasi" yang dimana seorang blogger atau pemilik situs bisa memantau komentar - komentar yang terdapat di artikelnya bahkan bisa menghapus atau mengedit komentar jika ada yang berbau spam, porn, dll.

3. Terhubung dengan Sosial Media

Untuk berkomentar di Disqus, terlebih dahulu harus login. Namun tidak ada yang sulit, karena beberapa sosial media bisa dihubungkan dengan Disqus, seperti Facebook, Twitter, Google+ dan akun Disqus itu sendiri. Jadi semuanya bisa dilakukan dengan mudah

4. Backlink

Backlink adalah bagian dari "optimasi off page" yang mana bisa meningkatkan Authority dan Trafik, hal tersebut tentu berpengaruh dalam kemajuan blog kamu. Jadi dengan berkomentar kamu bisa mengenalkan diri, menanam backlink, hingga mendapatkan trafik. Tapi ingat, jangan sampai kamu spam komentar sana - sini untuk mendapatkan keuntungan semata. Artikel terkait : Cara Menanam Backlink Berkualitas di Blog

5. Bisa Import Komentar

Disqus bisa mengimport dari komentar lain seperti Wordpress, Blogspot, Moveable Type dan platform lainnya yang menggunakan fortmat data WXR XML. Tentu saja hal ini merupakan salah satu keuntungan besar bagi seorang blogger, karena kamu tidak usah khawatir akan hilangnya komentar lama setelah menginstall disqus. Tutorial lebih lanjutnya, silahkan masuk ke : Cara Import Komentar Blog ke Disqus dengan Mudah

6. Keamanan Bagus

Fitur keamanan pada Disqus bisa mencegah terjadinya komentar spam dan juga ada komunitas yang nantinya akan menandai komentar - komentar yang tidak sesuai dengan tata krama. Selain itu juga pada saat berkomentar kita tidak perlu susah payah untuk memasukan CAPTCHA terlebih dahulu.

7. Layaknya Sosial Media

Layaknya di sosial media, pada Disqus juga terdapat "Following dan Followers" yang mana untuk berinteraksi atau berdiskusi mengenai suatu hal. Dengan adanya hal ini akan membuat pengguna mengenal pengguna lainnya dengan mudah.

8. Support HTML

Bagi kamu yang suka "coding", Disqus sendiri menyediakan fitur pengkodean HTML seperti pre, a, strong, sup, dan sebagainya. Saya tidak terlallu paham akan hal tersebut jadi maaf tidak bisa menjelaskan secara rinci hehe.

9. Fitur Reactions

 Kelebihan dan Kekurangan Memasang Disqus di Blog

Tombol reaksi seperti kumpulan emot kini sudah hadir di Disqus. Kamu bisa menggunakan fitur ini dalam catatan harus memasang Disqus dan mengaktifkannya terlebih dahulu. Dengan adanya tombol reaksi, sebegai penulis, kamu akan tahu apakah pembaca puas dengan artikel kamu atau tidak. Intinya bisa dijadikan tolak ukur. Untuk info lebih lanjut kamu bisa masuk ke artikel : Cara Memasang Tombol Reaksi Blog dengan Disqus

Banyak sekali kan kelebihan apabila kamu memasang Disqus. Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, berikut Kekurangan Disqus itu sendiri.

Kekurangan Disqus

1. Loading Sedikit Lambat

Dalam memasang Disqus itu kita harus mengedit template dan memasang script supaya Disqus bisa berfungsi sebagai kolom komentar di blog. Nah script tersebut biasanya yang membuat "loading agak lambat". Tapi untuk template yang responsive hal ini tidak terlalu berpengaruh, jadi saya sarankan untuk menggunakan template responsive.

Banyak sekali template responsive gratisan yang bisa kamu dapatkan, saya juga sudah merangkum beberapa template responsive blogger di artikel : Kumpulan Template Blog Responsive Keren dan Gratis

2. Tidak Memiliki Emoticon

Entah kenapa Disqus tidak menambahkan fitur emoticon. Padahal emoticon sangatlah sering sekali digunakan pada saat berinteraksi di dunia maya. Namun semoga saja disqus bisa mengupdatenya untuk menambahkan fitur emoticon.

3. Form Komentar Default Hilang

Jika kita menambahkan form komentar Disqus pada blog, maka form komentar default blog tersebut akan hilang dan digantikan oleh disqus. Akan tetapi jika kamu mahir dalam HTML maka bisa memunculkan kedua kolom komentar tersebut dengan pengeditan HTML di template.

Jadi itulah Penjelasan, Kelebihan dan Kekurangan Memasang Disqus di Blog yang bisa saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya memasang Disqus di blog ini. Apabila kamu tertarik untuk menggunakannya juga, kamu bisa masuk ke artikel : Cara Lengkap Memasang Disqus di Blog
Siddiq Rasyid N Ah Sudahlah...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel