Kelebihan Kekurangan Blog Jika Menggunakan TLD

Seorang blogger pasti mengenal Top Level Domain atau yang sering disebut dengan TLD. Namun apakah penting TLD ini diterapkan terhadap blog ? Mungkin hal ini masih membingungkan karena ada kelebihan dan kekurangan jika menggunakan tld.

Kelebihan Kekurangan Blog Jika Menggunakan TLD

Kali ini Saya akan memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan jika blog menggunakan top level domain. Sebelum ke pembahasan silahkan seduh kopi terlebih dahulu untuk menemani literasi Anda.


Apa itu TLD ?

Penggunaan Domain dibagi menjadi 2, yaitu Top Level Domain dan Subdomain (domain bawaan dari platform).

TLD atau Top Level Domain merupakan sebuah domain yang kita buat dan daftarkan secara pribadi, untuk mendapatkan tld ini tentunya tidaklah gratis. Harga tld sangat bervariasi dan bisa Anda beli diberbagai website penjual domain. 

TLD juga merupakan sebuah informasi tentang spesifikasi atau isi dari blog. Adapun contoh top level domain itu adalah sebuah website yang memiliki akhiran seperti .com .net .co.id .xyz dan lain sebagainya.

Baca Juga : Mengenal Jenis - Jenis Top Level Domain dan Artinya (TLD)


Kelebihan Menggunakan Top Level Domain


#1. Alamat Blog Mudah Diingat

Dengan menggunakan tld tentu saya url blog akan menjadi pendek dan mudah diingat oleh para pengunjung. Hal ini akan menjadi salah satu keuntungan karena dengan mudahnya diingat oleh para pengunjung, otomatis blog juga akan dikenal dan bahkan menjadi terkenal.


#2. Modifikasi Domain

Pada saat blog berpindah dari subdomain menjadi top level domain tentu kita bisa memodifikasi domain yang akan kita pakai, misalnya memodifikasi nama domain dengan apa yang kita inginkan. 

Selain itu jika menggunakan top level domain, kita bisa mengatur dns dan beberapa settingan domain lainnya, dengan begitu kita akan lebih leluasa jika menggunakan top level domain.

Baca Juga : Cara Jitu Meningkatkan BPK Adsense


#3. Kepuasan Tersendiri

Mungkin ada perbedaan antara menggunakan top level domain dengan subdomain. Tentu saja dengan menggunakan top level domain, akan muncul rasa puas dan bangga atas blog miliknya.


#4. Terlihat Professional

Blog akan lebih terlihat serius dan professional jika menggunakan top level domain, seperti contoh srn-info.blogspot.com berubah menjadi www.siddiqrn.net dari kedua domain tersebut tentu yang menggunakan top level domain lah yang lebih kelihatan professional.

Baca Juga : Tips Diterima Google Adsense Dengan Mudah dan Cepat

#5. Memudahkan Untuk Mengenalkan Blog

Mungkin seorang blogger tidak akan maju tanpa adanya promosi atau share, dengan menggunakan top level domain akan sangat mudah untuk memperkenal blog kepada orang tua, sahabat, bahkan mantan. Karena mereka akan lebih mudah mengenal URL blognya.


#6. Memendekkan URL

URL blog akan lebih pendek jika menggunakan top level domain. Misalnya url blog jika menggunakan subdomain (srn-info.blogspot.com) dibandingkan dengan menggunakan top level domain (www.siddiqrn.net). Dari hal tersebut sangat jelas akan memendekkan url blog.


Kekurangan Menggunakan Top level Domain



#1. Biaya Sewa

TLD didapatkan secara berbayar, meskipun ada yang secara gratis, namun fasilitas dan jenis nya pun terbatas. Biasanya sewa tld dibayar pertahun dengan harga rata - rata 150.000. Dengan begitu tentu kita memerlukan modal pertahun untuk membiayai domain yang kita buat.


#2. Nama Domain Susah Didapatkan

Pada saat membuat domain, tentu saja Anda akan memasukkan nama domain yang diinginkan. Namun untuk mendapatkan nama domain yang diinginkan sangatlah susah, apabila nama domain yang kita inginkan sudah terpakai oleh orang lain terpaksa kita harus mengganti nama domain tersebut.


#3. Trafik Akan Turun dan Naik Lagi

Jika kita mengganti subdomain ke top level domain dan apabila suatu blog sudah diindex dengan menggunakan subdomain, ketika saat blog tersebut mengganti subdomain menjadi top level domain akan mengalami penurunan trafik terlebih dahulu. Karena artikel dalam blog tersebut harus di index ulang oleh mesin pencari.

Baca Juga : Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google Menggunakan Webmaster

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena lama - lama trafik akan kembali normal bahkan bisa lebih tinggi jika menggunakan TLD.

Artikel Menarik Lainnya



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan Kekurangan Blog Jika Menggunakan TLD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel