Perbedaan File RAR dan ZIP

apa Perbedaan File RAR dan ZIP ?

File archive yang berformat RAR atau ZIP sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memperkecil ukuran suatu file. Kedua format ini menggunakan algoritma tersendiri untuk mengecilkan ukuran suatu file.

Namun ada beberapa perbedaan antara file rar dan zip yang mungkin perlu Anda ketahui, diantaranya


File ZIP

Format ZIP mungkin sering Ana temukan di internet, karena format zip ini tidak memerlukan aplikasi lain untuk mengektrak nya. Seperti contoh kalau rar memerlukan WinRAR untuk mengektraknya, tapi zip tidak memerlukannya. 

Selain itu, format zip ini mempunyai kemampuan self-extracting yang dimana memiliki sedikit ukuran lebih besar, tetapi bisa mengektrak nya sendiri tanpa bantuan aplikasi apapun. Keuntungan yang lainnya, pembuatan file zip lebih cepat.


File RAR

Keuntungan dari format RAR ini, dia mampu mengkompres file menjadi padat jika dibandingkan dengan zip. Selain itu, jika Anda ingin menciptakan file multi-volume maka formar rar adalah jawabannya. 

Hal unik yang lainnya, format rar mampu merekontruksi file yang rusak, memberikan proteksi, dan juga melindungi file dari modifikasi yang tidak disengaja. Keuntungan yang lainnya yaitu format rar mampu menangani file dalam ukuran yang tak terbatas, berbeda dengan zip yang hanya bisa sampai 2GB saja

Intinya kedua format tersebut mempunyai keuntungan yang berbeda, silahkan Anda gunakan sesuai kebutuhan saja.
Jadi itulah perbedaan antara file rar dan zip, semoga artikel ini bisa membantu Anda. 

0 Response to "Perbedaan File RAR dan ZIP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel