Cara Menanam Backlink Berkualitas Untuk SEO Blog

Seorang blogger bukan hanya menulis dan menulis, ada beberapa hal yang harus dilakukan supaya blog yang dibangunnya bisa terkenal dan banyak pengunjung. Salah satu nya yaitu dengan cara menanam backlink.


Apa itu Backlink ?


Menanam Backlink Berkualitas

Backlink merupakan link dari luar yang menuju ke dalam (blog lain ke blog kita). Backlink bisa diibaratkan sebuah rekomendasi. Jadi dengan backlink blog kita akan lebih dipercayai oleh mesin pencari, namun tentu harus dengan backlink yang berkualitas.

Semakin berkualitas dan semakin banyak nya backlink akan sangat berpengaruh terhadap blog kita, seperti :

  • Meningkatkan DA PA
  • Meningkatkan SEO
  • Index artikel lebih cepat
  • Mudah masuk serp atas mesin pencari

Baca Juga : 3 Cara Jitu Meningkatkan SERP Artikel Supaya Page One

Namun tidak sedikit blogger yang menanam backlink dengan menggunakan tool (otomatis). Sebenarnya kegiatan seperti itu tidak usah dilakukan di zaman sekarang ini, karena seiring berkembangnya zaman, google juga mengembangkan Algoritma nya. Dimana Algoritma Google semakin sini semakin ketat.

Itu artinya kita harus berusaha mendapatkan backlink yang natural atau alami. Nah kali ini Saya akan memberikan beberapa cara menanam backlink yang berkualitas untuk seo blog sesuai dengan pengalaman pribadi Saya. Berikut penjelasannya.

#1. Menjalin Kerjasama


Kerjasama memang sangat penting untuk mencapai hasil yang maksimal dengan mudah. Menanam backlink disini bisa dilakukan dengan menjalin hubungan sesama blogger, misalnya dengan saling membuat artikel review sebuah blog.

Namun perhatikan pula Page Rank blog yang akan diajak kerjasama. Hindari kerjasama dengan blog yang masih memiliki page rank rendah, karena hal tersebut akan menguntungkan sebelah pihak. 

Namun lakukanlah dengan blog yang memiliki page rank sepadan, supaya bisa menguntungkan kedua belah pihak dan perhatikan juga niche blog tersebut, harus relevan dengan blog kita, supaya backlink terlihat lebih natural oleh mesin pencari.

Tetapi biasanya ada blog yang memiliki page rank tinggi memberikan backlink kepada blog yang masih memiliki page rank rendah. Hal ini biasanya bisa dilakukan dengan syarat pembayaran. Jadi kita membayar kepada pemilik blog untuk menanam backlink di blognya. Hal ini boleh - boleh saja, selama backlink tersebut berasal dari blog yang berkualitas dan relevan.

Kenapa harus relevan ?

Menanam backlink di blog yang relevan akan terlihat lebih natural di mata mesin pencari. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan pengunjung (trafik) dan meningkatkan seo.

#2. Aktif di Diskusi Online


Selanjutnya, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas Anda bisa gabung dan aktif di diskusi online. Ada banyak diskusi online yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan backlink, seperti wikiHow, Kaskus, Disqus, Reddit, dan lain - lain.

Anda bisa memulai untuk menerbitkan sebuah postingan yang sangat - sangat bermanfaat di web diskusi online dan mencantumkan link blog di akhir postingan tersebut. Cara ini sangat efektif dan terbukti, karena web - web seperti ini memiliki nilai page rank yang sangat tinggi.

#3. Lewat Blog Zombie


Sebenarnya ini trik dulu, namun sampai sekarang masih banyak digunakan untuk menanam backlink. Blog zombie merupakan sebuah blog yang sudah dihapus oleh pemiliknya, namun kita bisa mengaktifkannya kembali. 


Perlu diketahui bahwa blog zombie yang berkualitas memiliki nilai page rank yang tinggi, dengan begitu kita bisa memanfaatkannya untuk menanam backlink.

#4. Membuat Gambar HD yang Bermanfaat


Memang terdengar sedikit aneh, antara membuat gambar dengan menanam backlink. Tapi hal ini pernah Saya alami. Jadi gambar yang kita buat, misal menggunakan editor seperti Photoshop, digunakan kembali oleh orang lain. Jika yang menggunakan gambar tersebut adalah blog profesional, tentu dia akan menambahkan link sumber gambar tersebut. 

Berikut contoh gambar yang Saya buat dan digunakan kembali oleh orang lain.


Nah dari link sumber tersebutlah kita bisa mendapatkan backlink. Jadi usahakan untuk membuat gambar sekreatif mungkin supaya bermanfaat juga untuk blogger lain.

Jadi itulah beberapa pengalaman Saya untuk menanam atau mendapatkan backlink yang berkualitas. Jangan terlalu sering membuat artikel, namun tanam juga backlink supaya blog Anda lebih seo. Karena backlink merupakan salah satu optimasi seo off - page.

Baca Juga : 

Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Backlink Berkualitas Untuk SEO Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel