Cara Redirect 301 dari Blog Lama ke Blog Baru

Mungkin Anda bingung bagaimana cara menjaga trafik blog yang baru berganti domain atau URL. Sebenarnya tidak usah khawatir karena kita bisa menggunakan cara redirect 301 dari blog lama ke blog baru, dengan cara ini, trafik, backlink yang sudah lama ditanam, dan posisi blog di SERP tidak akan berkurang, meskipun berkurang, setidaknya tidak harus memulainya lagi dari awal.

redirect 301 dari blog lama ke blog baru

Apa itu Redirect 301 ?


301 Redirect atau bisa disebut dengan redirect permanen, yaitu suatu teknik yang digunakan untuk memberitahu robot bahwa sebuah halaman sudah berganti ke lokasi (URL) baru. Dengan begitu, bisa meminimalisir turunnya peringkat di SERP.

Persiapan Redirect 301


Jika Anda tertarik untuk melakukan cara redirect 301 ini, mari simak artikel ini sampai bawah, karena pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan cara melakukan redirect 301 yang aman untuk seo sebuah blog.

Persiapan yang harus dilakukan yaitu membuat sebuah blog baru dan jangan menghapus blog lama. Kenapa ? Logikanya kan memindahkan alamat, jadi visitor yang masuk ke blog lama akan kita pindahkan ke blog baru. Jika blog lama dihapus itu sama saja dengan mengulang lagi dari awal.

Membuat blog baru bertujuan untuk membackup artikel yang ada di blog lama. Jadi silahkan :

1. Cadangkan artikel dari blog lama, caranya masuk ke Setelan > Lainnya > Cadangkan Konten.

2. Buka blog baru, masuk ke Setelan > Lainnya > Import lalu pilih file hasil dari cara pertama.

Eksekusi Redirect 301


Jika persiapan diatas sudah dilakukan, tahap selanjutnya kita perlu mengeksekusi supaya terjadi redirect 301 atau redirect permanen yaitu dengan menempatkan kode script dibawah ini di template tepat dibawah kode <head>
<script type='text/javascript'>
var d='<data:blog.url/>';
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
location.href = 'https://domainbaru.com' + window.location.pathname;
</script>
Ubah alamat https:///domainbaru.com sesuai dengan alamat domain baru Anda
Lalu simpan template

Penting!! Semua permalink harus sama, jika berbeda harus di edit manual artikelnya. Jika semua permalink sudah sama, maka ketika klik artikel dari blog lama akan langsung masuk ke artikel di blog baru. Contoh :

https://domainlama.com/2018/03/cara-redirect-301.html akan menjadi https://domainbaru.com/2018/03/cara-redirect-310.html 
Begitu juga dengan homepage dan halaman statis


Penutup


Jadi itulah cara melakukan perpindahan dengan teknik redirect 301 yang bisa menjaga SERP (Search Engine Result Pages) sebuah blog. Cara ini bisa dilakukan dari Subdomain ke TLD, begitu juga sebaliknya.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa like Fanspage Kami untuk mendapatkan artikel terbaru

0 Response to "Cara Redirect 301 dari Blog Lama ke Blog Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel