Cara Menulis Artikel SEO di Blog yang Baik & Benar

artikel seo

Diupdate pada 20 Juni 2018

Menulis di blog tentu berbeda dengan cara menulis di buku. Tata bahasa dan kerapihan belum tentu membuat artikel tersebut berkualitas. Namun harus ada optimasi khusus yang berguna untuk meningkatkan seo artikel di blog supaya artikel bisa masuk ke halaman awal mesin pencari (page one).

Di internet memang banyak cara menulis artikel seo, namun tidak semua cara - cara tersebut masih berlaku. Karena update algoritma terbaru, artikel yang berkualitas bukan hanya dilihat dari mata mesin pencari melainkan dari para pembaca juga (human).

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Saya ingin memberikan sedikit ilmu untuk cara menulis artikel seo di blog yang baik dan benar sesuai dengan pengalaman Saya sendiri.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Bakat Menulis yang Mudah Dilakukan

Cara Menulis Artikel SEO


1. Riset Keyword

Perlu kalian sadari, bahwa penulis di blog itu tentu berbeda dengan penulis koran. Di blog kita perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu supaya artikel berkualitas seo. Riset keyword bertujuan untuk meningkatkan seo artikel dan bisa dikenali oleh mesin pencari (Google) dengan keyword (kata kunci) tertentu pastinya.

Usahakan gunakan keyword yang bagus, misalnya dengan persaingan yang mudah supaya artikel bisa masuk ke halaman pertama Google

Banyak sekali tool yang bisa digunakan untuk riset keyword, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar (Premium). Untuk awalan, lebih baik menggunakan tool gratisan aja, seperti :
  • Ubersuggest
  • Keyword Tool
  • KWFinder
  • SEMrush
  • dan lain - lain


2. Penempatan Keyword

Penempatan keyword juga sangat penting. Lantas dimana saja penempatan keyword supaya bisa menjadi artikel seo ?

Menempatkan Keyword di Judul

Menempatkan keyword di judul sangatlah bagus untuk seo artikel. Karena judul artikel merupakan Heading 1, dimana hal tersebut merupakan point pertama yang dibaca oleh mesin pencari.

Selain dibaca oleh mesin pencari, tentu judul juga adalah hal yang pertama kali dibaca oleh pengunjung. Jadi tempatkan keyword di judul supaya mesin pencari dan pengunjung tahu akan isi dari artikel tersebut.

Gunakan teknik Long Tail Keywrod, karena jika kita menggunakan Short Tail Keyword atau hanya memasukkan keyword pada judul, itu akan sulit untuk masuk ke page one.

artikel seo

Lihat gambar diatas, keywrod utama nya yaitu artikel seo. Namun supaya artikel bisa masuk ke page one, mereka menambahkan iming - iming di judul nya, seperti Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO.

Menempatkan Keyword di Isi Artikel

Selanjutnya, tempatkan juga keyword andalan Anda di isi artikel. Karena selain merayapi judul, mesin pencari juga tentu akan merayapi isi dari artikel itu sendiri. Bahkan ada pendapat dari beberapa blogger untuk menambahkan keyword di paragraf pertama

Namun suka ada orang yang salah kaprah, yaitu hampir seluruh isi artikel tersebut adalah keyword yang berbeda - beda. Tentu itu adalah sebuah kesalahan.

Kenapa ?

Memang mungkin akan mudah dirayapi oleh mesin pencari, tapi kita juga harus sadar bahwa yang membaca artikel bukan lah mesin pencari, melainkan manusia (human). Oleh karena itu, jangan terlalu banyak menempatkan keyword dalam artikel.

Selain itu jika menempatkan keyword terlalu banyak dalam artikel, akan sulit untuk dipahami oleh pengunjung (human), dan semakin update nya Algoritma, Google semakin tahu mana artikel yang berkualitas dan bermanfaat dan mana artikel yang hanya bertujuan untuk mengelebui mesin pencari saja.

3. Penggunaan Heading yang Benar

Heading dalam sebuah blog sangat lah penting, selain untuk mempermudah pembaca mengenali judul, sub judul, dan sub lainnya, heading juga berpengaruh di mata mesin pencari.

Gunakan heading yang benar, yaitu Heading 1 (H1) sebagai judul, dimana H1 ini biasanya sudah di setting di setiap template untuk menjadi judul artikel. Selanjutnya gunakan Heading 2 (H2) sebagai point - point di artikel, seperti point 1 sampai akhir di artikel ini Saya menggunakan Heading 2, dan gunakan heading - heading selanjutnya sebagai sub dari heading sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa penggunaan H1 dalam sebuah artikel itu baiknya hanya satu. Sedangkan untuk heading lainnya bebas.

4.  Optimasi Gambar

Gambar dalam sebuah artikel tentu tidak asing, dengan adanya gambar pembaca akan lebih tertarik untuk terus membaca isi dari artikel. Coba Anda bayangkan jika sebuah artikel hanya disajikan dengan kata - kata, mungkin akan sedikit membosankan.

Namun tidak sedikit yang menambahkan gambar tanpa melakukan optimasi terlebih dahulu. Optimasi gambar seperti resize, compress, memasukkan title dan alt sangatlah berguna untuk mempercepat loading dan tentunya bisa membuat artikel seo yang baik.

Cara yang sederhana yaitu dengan menambahkan Title dan Alt sebuah gambar, contohnya lihat gambar dibawah ini

artikel seo

Caranya tinggal klik gambar yang digunakan, selanjutnya pilih Properties, lalu isi Title dan Alt dengan keyword, seperti gambar diatas.

Ukuran gambar yang cocok di blog adalah 600 x 400 (pixel) dan berformat .jpg ,karena jika berformat .png gambar akan berukuran (size) besar dan tidak disarankan karena akan memperlambat loading dan berdampak buruk untuk seo artikel. Berikut beberapa situs yang biasa Saya gunakan untuk optimasi gambar

Compress gambarhttp://compressjpeg.com/id/
PNG to JPGhttp://png2jpg.com/id/
Resize gambarhttps://www.reduceimages.com/

5. Jumlah Kata dalam Artikel

Supaya artikel berkualitas seo dan tidak dianggap hanya sekedar spam oleh mesin pencari, maka buatlah artikel dengan jumlah kata yang cukup banyak.

Usahakan untuk membuat artikel minimal 300 kata, alangkah lebih baiknya lebih dari 500 kata. Namun jangan hanya mengejar kuantitas (jumlah kata), Anda juga harus memerhatikan kualitasnya. Jumlah kata yang banyak dengan isi yang detail dan mendalam, itulah artikel seo berkualitas yang kemungkinan bisa masuk ke peringkat serp teratas.

Baca Juga : 3 Cara Jitu Meningkatkan SERP Artikel Supaya Page One

6. Artikel Original dan Unik


artikel seo

Perlu kalian ketahui bahwa Google lebih menghargai artikel berkualitas hasil sendiri dibandingkan hasil orang lain. STOP!! copy paste artikel orang lain layaknya Blog AGC.

Dalam hidup ini kita harus belajar menghargai karya orang lain, memang tidak ada hukum kepada para pencuri artikel di blog. Namun percayalah, artikel karya sendiri lebih memuaskan dibandingkan dengan mencuri artikel.

Selain itu, buatlah artikel yang unik supaya Google tidak menyangka bahwa artikel itu hasil copas. Untuk test keunikan artikel Anda bisa menggunakan tool Plagiarism Checker.

7. Gunakan Permalink yang Pendek

Permalink atau tautan permanen dalam sebuah blog sangatlah penting. Usahakan untuk memasukkan keyword kedalam permalink, supaya mesin pencari lebih mudah merayapi nya. Selain itu penggunaan permalink yang pendek juga semakin bagus.

artikel seo

Anda bisa mengedit permalink di Blogger di bagian Tautan Permanen, lalu pilih Tautan Permanen Khusus, seperti gambar diatas.

8. Tambahkan Deskripsi Penelusuran


artikel seo

Deskripsi penelusuran akan sangat berguna bagi mesin pencari untuk menemukan artikel kita. Tambahkan keyword pada deskripsi penelusuran ini dan juga gunakan kalimat yang menarik perhatian orang.

Nah jadi itulah cara menulis artikel seo yang biasa Saya gunakan. Ada beberapa teknik lainnya seperti menanam backlink untuk meningkatkan seo.

Baca Juga : Cara Menanam Backlink Berkualitas Untuk SEO Blog

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk menulis artikel seo

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menulis Artikel SEO di Blog yang Baik & Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel