3 Cara Membuat Internal Link di Posting Blog Untuk Menambah SEO

Cara Membuat Internal Link di Posting Blog

Internal link merupakan tautan yang mengarah ke dalam blog itu sendiri, biasanya ke artikel lain yang masih ada di blog itu sendiri. Membuat internal link sangat dianjurkan oleh para pakar SEO dan Google. Karena internal link ini bisa memperkuat kerja sama antara artikel satu dengan artikel lainnya.

Misalnya, blog Anda punya satu artikel yang biasa didatangi banyak pengunjung setiap harinya, dengan menanam internal link di artikel tersebut besar kemungkinan pengunjung akan memasuki internal link tersebut. Kerja sama seperti itu yang Saya maksud.

Selain itu ada beberapa manfaat lain dari internal link, yaitu :


Oleh karena itu, pada kali ini Saya akan memberikan 3 Cara Membuat Internal Link yang biasa Saya gunakan di blog ini. Berikut ketiga cara tersebut, diantaranya :

1. Membuat Internal Link di Posting Blog Secara Acak


Cara Membuat Internal Link di Posting Blog

Saya misalkan di website Wikipedia (lihat gambar diatas). Lihat tulisan yang berwarna biru, itu merupakan internal link yang jika kita klik akan menuju ke artikel lain di Wikipedia.

Disana terdapat banyak internal link acak seperti itu. Memang jika Saya baca di blog lain, internal link seperti itu tidak baik. Tetapi lihatlah, Wikipedia adalah salah satu website terbesar dan menggunakan internal link seperti itu.

Untuk membuat internal link seperti ini, Anda tulis saja terlebih dahulu artikelnya sampai beres. Setelah itu baca kembali, jika ada kata yang berkaitan dengan artikel lama dan masih satu topik. Maka buatlah internal link disana.

2. Membuat Internal Link di Posting Blog Secara Teratur


Biasanya Saya lebih sering menggunakan cara ini, ada dua cara yang biasa digunakan, diantaranya :

Pertama


Cara Membuat Internal Link di Posting Blog

Yaitu menyangkut pautkan antara artikel satu dengan artikel lainnya yang masih membahas topik yang sama "relevan". Seperti halnya gambar diatas, Saya membahas mengenai konten blog yang bagus, maka Saya memberikan Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Untuk Blog. Karena artikel ini ada sangkut pautnya dengan konten blog. Cara ini bisa membuat pengunjung penasaran dan masuk ke internal link yang kita buat.

Kedua


Cara Membuat Internal Link di Posting Blog

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara pertama tadi, namun di cara kedua ini kita menambahkan misalnya dengan kata Baca Juga, Terkait, lalu memberinya Quote sehingga posisi nya agak menonjol. Cara ini juga sering Saya gunakan dan terbukti bisa membuat pengunjung terus membaca artikel yang masih berkaitan

3. Membuat Related Post (Baca Juga) Secara Otomatis di Tengah Postingan


Cara Membuat Internal Link di Posting Blog

Membuat related post otomatis sangat efektif, karena akan memberikan rekomendasi artikel yang masih satu topik kepada pengunjung. Selain itu, kita tidak perlu mencari artikel lama yang satu topik, karena related post ini akan mencarinya secara otomatis, lumayan buat menghemat waktu.

Saya juga menggunakan cara ini untuk membuat internal link. Tidak banyak template yang menambahkan fitur ini, namun jika Anda ingin memasang related post (Baca Juga) seperti gambar diatas, silahkan masuk ke artikel : Cara Membuat Artikel Terkait (Baca Juga) Otomatis di Tengah Postingan

Itulah 3 Cara Membuat Internal Link di Posting Blog yang biasa Saya gunakan untuk menambah seo blog. Melihat fungsi internal link sangat penting, maka tanamlah internal link disetiap artikel dengan baik, sehingga pengunjung bisa lebih mengeksplor isi blog Anda.

0 Response to "3 Cara Membuat Internal Link di Posting Blog Untuk Menambah SEO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel