Cara Jitu Mengatasi Error 404 Page Not Found Secara Permanen

Menghapus Error 404 Page Not Found

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan blog adalah dengan mengatasi error 404 page not found pada blog Anda. Karena dengan mengatasi error 404 page not found, robot google akan memandang bahwa blog kita sangatlah bagus untuk terus dirayapi.


Penyebab Error 404 Page Not Found


Halaman yang tertuju sudah di hapus atau rusak, misalnya karena salah memasukkan subdomain atau karena memang halaman tersebut sudah di hapus. Sebenarnya ketika seseorang menghapus suatu halaman, halaman tersebut memang akan terhapus dari blog, namun belum tentu terhapus dari pengindeksan mesin pencari. Maka dari itu kita harus menghapus error 404 page not found tersebut dari pengindeksan mesin pencari

Bagaimana Cara Mengetehui Error 404 di Blog ?


Ada dua cara untuk mengetahui ada dan tidak adanya error 404 pada blog Anda. Cara pertama yaitu dengan masuk ke Webmaster Tools dan lihat pada Current Status. Jika terdapat error 404, biasanya bisa Anda lihat di URL Errors (lihat gambar dibawah ini)


Cara yang kedua Anda bisa dengan menggunakan Online Broken Link Checker. Anda masukkan alamat blognya dan akan melakukan scanning untuk mencari link error pada blog tersebut.

Namun cara yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan Google Webmaster Tools

Cara Menghapus Error 404 Page Not Found


Namun jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan cara untuk mengatasi error 404 page not found secara permanen. Sebenarnya sangat mudah, karena kita bisa memanfaatkan fitur Remove URL di Google Webmaster. Berikut cara menghapus error 404 page not found :

Baca Juga : Cara Meningkatkan SERP Artikel Supaya Page One

1. Masuk ke akun Google Webmaster Tools

2. Masuk ke properti (blog) Anda

3. Lihat di bilah sebelah kiri, masuk ke Crawl > Crawl Error. Disini Anda akan menemukan beberapa link yang bermasalah (lihat gambar dibawah ini)

Menghapus Error 404 Page Not Found Secara Permanen

4. Centang di Priority lalu klik Download, Anda bebas mau pilih CSV atau Google Docs. Disini Saya lebih memilih Google Docs

5. Maka hasil downloadan tadi akan seperti gambar dibawah ini

Menghapus Error 404 Page Not Found Secara Permanen

Untuk lebih memudahkan (jika ada banyak), copy link yang mendapatkan Response Code 404 ke Notepad

6. Kembali lagi ke Webmaster, lalu masuk ke Google Index > Remove URLs. Kemudian  klik Temporarily hide, lalu masukkan link yang ingin dihapus dan klik Continue (lihat gambar dibawah ini)

Menghapus Error 404 Page Not Found Secara Permanen

8. Pada Request Type pilih Temporarily hide page from search results anda remove from cache, kemudian klik Submit Request (lihat gambar dibawah ini)

Menghapus Error 404 Page Not Found Secara Permanen

9. Kembali lagi ke Webmaster lalu masuk ke Crawl > Crawl Errors. Kemudian centang pada Priority lalu klik Mark As Fixed (lihat gambar dibawah ini)

Menghapus Error 404 Page Not Found Secara Permanen

Maka Anda telah berhasil mengatasi error 404 page not found dan tinggal menunggu robot untuk menghapusnya.

Baca Juga : Tips Jitu Agar Blog Bertahan di SERP Teratas (Page One)

Jadi itulah tips blogger kali ini untuk cara mengatasi error 404 page not found secara permanen, semoga Anda mengerti dengan tutorial ini. Karena hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan blog Anda. Jadi jika ada sesuatu yang belum di mengerti silahkan untuk berkomentar.

Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Cara Jitu Mengatasi Error 404 Page Not Found Secara Permanen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel