20 Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan 2019 yang Menguntungkan

Bulan Ramadhan kerap disebut sebagai "bulan penuh berkah", terutama bagi umat Islam. Keberkahan pasti akan kita rasakan apabila kita melakukan puasa di bulan Ramadhan dengan baik dan tertib. Salah satu keberkahan yang bisa kamu temukan dengan melakukan beberapa usaha rumahan di bulan Ramadhan saat ini.

Coba kamu lihat khususnya pedagang, tiba - tiba mereka melakukan usaha kecil di bulan puasa tapi menguntungkan. Memang hal itu hanyalah usaha musiman di bulan puasa, tapi keuntungan yang mereka dapat bisa bermanfaat untuk membeli beberapa pakaian baru yang biasa dipakai di Hari Raya Idul Fitri.

Oleh karena itu, pada kesempataan kali ini saya ingin membagikan beberapa Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan.

1. Menjual Makanan Untuk Sahur

Tidak sedikit orang sahur dengan membeli makanan dari luar, dalam artian tidak memasak di rumah. Bisa karena alasan sibuk atau bahkan malas memasak, seperti anak kost. Nah dengan hal tersebut, Anda bisa berjualan makanan untuk sahur, misalnya paket nasi dengan ayam goreng beserta makanan penutupnya.

Kamu juga harus memperhatikan menu makanan sahur yang sehat dan bisa menahan lapar sampai matahari terbenam nanti. Untuk lebih tahu mengenai menu sahur yang sehat kamu bisa cari di internet.

2. Bisnis Takjil Puasa

bisnis musiman di bulan puasa

Takjil adalah memakan makanan manis saat adzan maghrib dikumandangkan, Rasulullah sendiri mencontohkan takjil dengan 3 biji kurma. Namun apabila tidak ada kita bisa memakan makanan yang lain.

Tidak setiap keluarga meyediakan banyak makanan untuk takjil, maka kamu bisa menjadikan hal ini sebagai bisnis takjil di bulan Ramadhan. Supaya makanan takjil kamu laris terjual, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat makanan disekitar yang sedikit persaingannya dan buat makanan seunik mungkin, misalnya dengan memiliki varian rasa.

3. Bisnis Fashion

usaha rumahan di bulan ramadhan

Salah satu tradisi di Hari Raya Idul Fitri yaitu dengan memakai baju baru. Mungkin ini bisa menjadi peluang usaha rumahan di bulan Ramadhan, karena berjualan baju bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja dengan bantuan internet, misalnya online shop di Instagram. Waktu yang tepat berjualan baju, seharusnya di awal sampai akhir bulan ramadhan. Karena kebanyakan orang membeli baju di waktu - waktu tersebut.

Ingat! jual baju bertema "muslim" ya, jangan sampai menjual baju bertema kebarat - baratan. Yang ada usahanya tidak akan laku.

4. Menjual Perlengkapan Ibadah

Selain baju, perlengkapan ibadah juga biasanya memakai yang baru ketika Salat Hari Raya Idul Fitri. Hal ini tidak masalah dan tentu bukan niat untuk memamerkan barang, namun pasti pemikiran orang ingin menghormati Allah dengan pakaian yang bersih dan baru.

Maka kamu bisa menjual beberapa perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena, kopiah, sajadah, tasbih dengan tampilan yang menarik tapi harga terjangkau. Supaya barang cepat tersebar (diketahui orang), kamu bisa lakukan share di sosial media, seperti Facebook, Instagram, dll.

5. Menjual Kue

Menjelang hari raya idul fitri, kaum muslimin biasanya sibuk memesan kue dengan jenis yang berbeda. Jika Anda hobi dan bisa membuat kue kering, seperti nastar, sultana, dan lain - lain, Anda bisa menjadikannya sebagai usaha kecil di bulan puasa yang menjanjikan karena akan banyak orang yang memesan, asalkan kamu jago dalam hal promosi.

Promosi biasanya dilakukan dengan mendatangi beberapa rumah dan memberikan beberapa sample kue untuk dirasakan terlebih dahulu. Apabila satu rumah sudah puas dengan kue yang kamu buat, biasanya rumah lain juga pasti ikut - ikutan untuk membeli kue dari pembuat yang sama.

Namun disamping rasa kue, kamu juga harus memperhatikan bungkus yang digunakan. Usahakan untuk menggunakan bungkus yang aman dan kekinian dengan dilengkapi label pembuat, supaya orang tahu produsen kue tersebut.

6. Menjual Kurma

usaha rumahan di bulan ramadhan

Kurma adalah menu takjil yang biasa dimakan oleh Rasulullah SAW dan sebagai umat Islam tentu kita harus mengikuti apa yang dilakukan oleh Rasul, karena termasuk ibadah. Menjual kurma adalah usaha musiman di bulan puasa, namun kamu bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Karena setiap keluarga pasti selalu membutuhkan kurma selama bulan puasa berlangsung.

Apalagi kurma yang kamu jual benar - benar kurma berkualitas. Pasti akan banyak orang yang membeli, khususnya teman dan tetangga. Karena mereka pasti berpikir lebih baik beli ke orang terdekat, disamping dekat juga bisa mempererat silaturahmi.

7. Menjual Parsel

Biasanya ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri, orang akan membeli paketan parsel untuk diberikan kepada beberapa keluarganya. Seperti halnya Khong Guan yang isinya keripik wkwk, bukan seperi itu ya.

Mungkin kamu juga pernah memberi atau menerima satu atau beberapa bungkus kue dari saudara. Hal tersebut memang sudah jadi habit di Indonesia. Tapi coba kamu pikirkan, pasti mereka memberi kue jeni itu - itu saja. Nah setelah membaca artikel ini, saya harapkan kamu bisa membuat Parsel yang lebih menarik lagi dengan isi yang lebih banyak dan beragam.

Usaha rumahan di bulan Ramadhan seperti ini pasti akan benar - benar laku apabila kamu bisa menciptakan barang baru, dalam artian menjadi orang yang kreatif.

8. Menjual Cangkang Ketupat

Salah satu tradisi juga disaat hari raya biasanya di setiap rumah disediakan ketupat dengan opor ayam yang sangat enak. Namun tentu tidak semua orang bisa membuat cangkang ketupat, karena membutuhkan keahlian untuk membuatnya. Hal ini bisa menjadi ide kreatif di bulan Ramadhan bagi orang yang memiliki kemampuan untuk membuat cangkang ketupat.

Saya sendiri sering melihat orang berjualan cangkang ketupat di sisi jalan atau bahkan di stop an jalan. Namun itu cara lama, sekarang kamu bisa menjual cangkang ketupat dengan cakupan yang lebih banyak dengan memanfaatkan keberadaan sosial media.

9. Menjual Ketupat yang Sudah Jadi

Tidak sedikit pula, orang yang tidak ingin repot membuat dan ingin ketupat yang sudah jadi. Maka hal ini juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha rumahan di bulan Ramadhan.

Kemungkinan usaha musiman di bulan puasa ini akan menjanjikan dengan bermodal beras dan cangkang ketupat saja. Karena akan banyak orang yang membutuhkan, sedangkan untuk memuat ketupat itu membutuhkan keahlian khusus. Jadi kamu pasti mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

10. Usaha Menu Buka Puasa

Tidak semua orang memiliki waktu memasak untuk keluarganya, selalu ada orang yang sibuk sampai tidak bisa memasak sama sekali. Kamu bisa memulai usaha menu buka puasa, misalnya dengan menawarkan jasa untuk memasak di rumah orang lain atau mungkin menjual beberapa menu buka puasa yang sudah jadi, layaknya di rumah makan.

11. Jasa Pembuatan Kartu Ucapan Lebaran

Mungkin usaha ini akan sangat cocok jika dijalankan oleh toko - toko percetakan. Namun jika kamu bisa berkreasi membuat kartu ucapan yang unik, kamu bisa membuka jasa pembuatan kartu ucapan lebaran atau bahkan menjual designnya yang tentu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Apalagi dengan memanfaatkan sosial media untuk media promosi barang.

Artikel Terkait : Cara Jitu Melalukan Promosi di Facebook

12. Jasa Sopir Untuk Mudik

Mudik adalah hal yang tidak asing lagi di pengujung bulan Ramadhan, karena memang kembali ke kampung dan bertemu keluarga besar adalah kebanggan bagi semua orang, apalagi yang masih mempunyai orang tua.

Saat waktu mudik tiba biasanya angkutan umum penuh atau mungkin arus mudik macet. Hal seperti bisa saja membuat orang menjadi mengurungkan niat mudiknya. Dalam kondisi seperti ini kamu harus bisa manawarkan jasa sopir untuk mudik yang nyaman dan terpercaya.

13. Jasa Rental Mobil

Tidak sedikit juga orang yang sengaja merental mobil untuk mudik ke kampung halamannya. Jadi di saat bulan Ramadhan inilah waktu yang tepat untuk membuka usaha rental mobil. Walaupun dengan harga yang agak mahal, biasanya akan tetap ada yang sewa karena sangat butuh.

14. Jasa Pembantu Rumah

Mungkin agak sedikit tidak enak ketika mendengar "pembantu". Namun selama itu merupakan usaha yang halal dan bisa memenuhi kebutuhan sehari - hari, kenapa tidak ? Karena saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, akan banyak sekali keluarga yang membutuhkan pembantu, misalnya untuk bersih - bersih atau membantu mempersiapkan hari raya.

15. Menjual Sendal dan Sepatu

Layaknya baju, biasanya orang muslim juga akan menggunakan sendal atau sepatu yang baru ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Kamu bisa memanfaatkan kondisi ini dengan menjual sendal dan sepatu yang menarik dengan harga murah, pasti akan banyak orang membeli.

16. Penjual Tiket

Tidak semua orang mudik ke kampung halaman tanpa lintas pulau. Namun ada banyak sekali orang yang mudik lintas pulau, misalnya dari Jawa ke Sumatera. Untuk sampai ketujuan, pasti mereka membutuhkan tiket.

Tiket memang biasanya bisa dibeli di tempat khusus, namun yang jadi permasalahan biasanya adalah "kehabisan tiket" sehingga orang gagal mudik. Nah kamu bisa melakukan usaha rumahan di bulan Ramadhan dengan menjadi seoarang penjual tiket baik online maupun offline.

17. Menjual Oleh - Oleh Lebaran

Coba lihat toko kue ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri, biasanya banyak sekali stok makanan dengan jenis berbeda yang mereka jual. Nah kamu juga bisa menjual makanan seperti itu, namun akan sedikit susah laku jika belum terkenal. Solusinya yaitu dengan nitip jual makanan (supplier) di toko yang sudah banyak pelanggannya.

18. Jasa Laundry

Masyarakat modern yang hidup dengan kesibukan setiap harinya dan kemewahan, mungkin tidak punya waktu untuk mencuci baju, berbagai alasan pasti muncul seperti cape atau apalah. Ini bisa menjadi peluang usaha rumahan di bulan ramadhan yang bisa Anda lakukan dengan membuka jasa laundry. Namun kamu harus memperhitungkan terlebih dahulu, apakah kamu kuat mencuci baju di bulan puasa.

19. Jual Gadget Murah

Mulai dari pakaian, sampai alat elektronik seperti gadget biasanya akan sangat laku ketika menjelang lebaran. Banyak orang yang mungkin ingin tampil beda di hari raya idul fitri. Oleh karena itu, menjualn gadget dengan harga yang murah merupakan usaha rumahan di bulan ramadhan yang sangat mengunutngkan.

20. Menjual Minuman Dingin

Minuman dingin biasanya banyak dibeli orang untuk berbuka puasa. Berbagai macam minuman dingin seperti jus buah, sop buah, es jeruk, dan sebagainya akan banyak yang membeli. Anda bisa coba menjual minuman dingin di tempat - tempat yang ramai seperti perkotaan. Selain itu, supaya minuman kamu laris, coba buat minuman dingin yang unik, misalnya dengan tambahan toping atau varian rasa yang lebih banyak.

Mungkin itulah beberapa Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan 2019 yang bisa kamu lakukan. Coba usaha yang memang benar - benar cocok untuk kamu, baik dari segi modal juga keahlian. Semoga di bulan Ramadhan ini, kita semua diberi keberkahan dan kelancaran dalam menunaikan ibadah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel