Cara Ampuh Melindungi Akun Gmail Agar Tidak di Hack

Cara Ampuh Melindungi Akun Gmail Agar Tidak di Hack

Sekarang hampir semua orang mempunyai akun gmail, ini sangat jelas karena apa - apa sekarang mesti melakukan login gmail terlebih dahulu. Nah mungkin Anda adalah seorang pemilik akun gmail yang sangat berharga, dimana terdapat berbagai data seperti akun Adsense, Blogger, Youtube, dan bisnis - bisnis online lainnya di dalam akun gmail tersebut. Tentu dengan memiliki data - data yang sangat penting tersebut, akan muncul rasa kekhawatiran jika akun gmail nya di hack oleh para hacker.

Oleh karena itu, di artikel kali ini Saya akan memberikan informasi cara ampuh yang bisa digunakan untuk melindungi akun gmail agar tidak di hack orang lain. Sebenarnya fitur keamanan Google makin sini semakin canggih, namun dibalik kecanggihan tersebut maka alat yang digunakan hacker untuk membobol akun gmail juga otomatis semakin canggih juga. Oleh karena itu ada beberapa cara terbaik untuk melindungi akun gmail, diantaranya :


Jangan Gunakan Password yang Sama


Kebanyakan orang yang memiliki banyak akun gmail pasti menggunakan password yang sama. Ini adalah salah satu kesalahan, karena ketika akun satu di hack, otomatis akun yang lainnya juga akan di hack. Karena percayalah, seorang hacker itu mempunyai banyak ide - ide jahil supaya dia bisa membobol akun gmail.

Oleh karena itu, alangkah baiknya setiap akun gmail mempunyai password yang berbeda. Jika takut lupa, Anda bisa membuat catatan di buku atau notepad tentang email dan password semua akun gmail Anda.

Jangan Gunakan Password Pasaran

Ini harus benar - benar diperhatikan, biasanya orang membuat password dengan menggabungkan nama dengan angka 123, benar kan ? Nah password seperti itu sangatlah pasaran dan mudah ditebak oleh para hacker. Namun gunkanlah password yang kuat, sulit ditebak, tapi mudah diingat. Anda bisa masuk ke artikel : Cara Membuat Kata Sandi (Password) yang Kuat dan Aman dari Hack

Perhatikan Ketika Login Gmail di Warnet

Anda harus benar hati - hati ketika login akun gmail di warnet, karena ketika billing Anda habis dan akun gmail belum di logout, otomatis orang yang bermain di PC yang tadi bisa masuk ke akun gmail Anda. Nah solusinya yaitu dengan mematikan PC warnet setelah selesai menggunakannya.

Berhati - hati dari Web Phising

Phising adalah tindakan pencurian data - data akun (email dan password) dengan cara menggunakan formulir web hasil tiruan dari web aslinya. Hal ini yang sering terjadi, apalagi bagi para gamer. Web phising biasanya bertebaran dengan iming - iming hack anu game (misalnya gold). Otomatis dengan rayuan seperti itu para gamer yang inginnya gratis pasti memasukkan akun mereka, lalu akun tersebut otomatis di hack. Maka dari itu kita harus hati - hati ketika mengisi formulir yang harus memasukkan email dan password. Mungkin artikel : Pengertian, Mengenali dan Menghindari Phising

Gunakan Keamanan Verifikasi 2 Langkah

Seperti apa yang telah Saya jelaskan tadi bahwa semakin sini keamanan Google semakin canggih, salah satu nya kita bisa memanfaatkan fitur verifikasi 2 langkah untuk melindungi akun gmail agar tidak di hack. Anda tinggal masuk ke Pengaturan Akun > Keamanan.

Jadi ketika kita mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini, ketika ada orang yang login di akun gmail menggunakan Device yang berbeda (asing) maka orang yang login di device asing tersebut diperintahkan untuk memasukkan kode verifikasi, misalnya kode bisa diterima lewat SMS atau Suara ke nomer yang sudah di input saat mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Dengan begitu, sangat mustahil orang lain mengetahui kode verifikasinya.

Mungkin itulah cara terbaik dan ampuh untuk melindungi akun gmail agar tidak di hack. Intinya berhati - hatilah karena saat ini kejahatan internet (cyber crime) semakin banyak terjadi di sekeliling kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Ampuh Melindungi Akun Gmail Agar Tidak di Hack"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel