Cara Mengatasi Android Lemot Parah dengan Mudah


Cara mengatasi android lemot - Hal yang sudah tidak aneh lagi bagi pengguna android apabila android tersebut terasa lemot, misalnya lambat dalam membuka aplikasi bahkan sampai error. Sebenarnya faktor utama android lemot tersebut tidak jauh dari performa nya, misalnya dari segi RAM yang masih rendah. Tapi faktanya sekarang banyak android yang memiliki performa tinggi tapi masih lemot. Jadi menurut saya terjadinya android lemot itu dikarenakan pemiliknya tidak bisa menggunakan sistem android dengan benar.

Nah di artikel kali ini saya akan memberikan cara mengatasi android lemot dengan mudah. Cara ini wajib Anda ketahui, karena kenyamanan memakai android adalah ketika android tersebut dalam keadaan prima, dalam artian bisa diajak membuka semua aplikasi.

Cara Mengatasi Android Lemot

1. Lakukan restart

Sebagian besar penyebab terjadinya android lemot adalah karena sistem android tersebut penuh, misalnya kapasitas ram yang penuh. Fungsi ram itu untuk menyimpan file - file yang bersifat sementara. Misalnya ketika sebuah aplikasi dijalankan, ram akan menyimpan file dari aplikasi tersebut selama aplikasinya masih digunakan dan masih berada di recent apps. Jadi langkah yang baik adalah dengan merestart android tersebut untuk mengatasi android yang lemot. Karena saat android di restart, kondisi penyimpanan sementara akan bersih (kosong) kembali.

2. Kenali kapasitas penyimpanan


Kapasitas penyimpanan yang penuh juga bisa membuat android lemot. Langkah yang baik untuk mengatasi android lemot adalah dengan mengenali kapasitas penyimpanan android Anda. Misalnya ketika akan menginstall aplikasi, Anda harus memperhitungkan terlebih dahulu kapasitas penyimpanan yang masih tersedia. Selain itu, jika kapasitas penyimpanan sedikit saya sarankan untuk tidak menginstall aplikasi yang tidak jelas kegunaannya.

Contoh kasus nya dulu saya ketika pertama mempunyai hp android, saya menginstall aplikasi scanner. Dimana aplikasi tersebut berguna untuk scan dokumen - dokumen, padahal waktu itu saya masih SMP. Jelas aplikasi seperti itu tidak cukup berguna bagi saya dan kasus seperti itu harus Anda hindari.

3. Uninstall aplikasi yang tidak berguna

Dari awal pembelian, biasanya android sudah diinstall beberapa aplikasi atau sering disebut dengan aplikasi pabrik. Saya tahu bahwa tidak semua aplikasi tersebut Anda gunakan, bahkan tidak pernah menggunakannya. Maka lebih baik uninstall saja aplikasi seperti itu, karena cara ini bisa mengatasi android lemot.

4. Bersihkan recent apps


Recent apps adalah fitur informasi atau tampilan yang berisi beberapa aplikasi terakhir yang telah Anda gunakan dan Anda bisa membuka ulang aplikasi tersebut. Proses pembukaan ulang aplikasi akan terasa cepat, karena sistem sudah menyimpan penggunaan sebelumnya. Namun jika di recent apps terdapat banyak sekali aplikasi yang telah digunakan, biasanya hal tersebut bisa membuat android lemot. Nah cara mengatasi android lemot tersebut cukup mudah, Anda hanya perlu menghapus beberapa aplikasi di recent apps yang sekiranya tidak akan digunakan lagi.

Apakah benar menghapus recent apps bisa membuat boros baterai ? Untuk info selengkapnya silahkan masuk ke : Membersihkan Recent Apps Akan Membuat Boros Baterai, Kenapa ??

5. Bersihkan virus


Virus adalah hal yang tidak asing yang biasa ditemukan di berbagai sistem pengoperasian, salah satunya sistem android. Meskipun keberadaan virus tidak begitu menonjol, namun secara perlahan virus bisa membuat android lemot. Cara mengatasi android lemot karena virus, Anda bisa menginstall aplikasi antivirus terbaik yang mampu membersihkan berbagai virus. Baca juga ini ya : Antivirus Android Paling Ampuh dan Ringan Dijalankan

6. Gunakan penyimpanan eksternal

Sekarang memang banyak android yang memiliki kapasitas penyimpanan internal cukup besar, ada yang sampai 64 GB. Namun meskipun cukup besar, biasanya kapasitas tersebut tetap akan penuh karena sistem yang membutuhkan banyak penyimpanan. Untuk mengatasi android lemot, Anda bisa menggunakan penyimpanan eksternal di android Anda. Jadi fokuskan penyimpanan internal untuk sistem dan penyimpanan aplikasi, sedangkan penyimpanan eksternal untuk menyimpan berbagai media seperti foto, musik, video, dll.

7. Hapus pengunaan widget yang berlebihan

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan widget seperti jam, kalender, pencarian, maps, dll jika digunakan secara berlebihan akan membuat android lemot. Kenapa ? karena ketika android hidup atau data menyala, semua widget tersebut akan berjalan secara bersamaan dan bisa membuat memori penuh. Jadi cara mengatasi android lemot bisa dengan menghapus widget yang tidak diperlukan.

8. Gunakan launcher bawaan

Di playstore mungkin Anda sering menemukan tema atau launcher modifikasi dengan berbagai fitur yang bahkan tidak ada di launcher bawaan. Memang benar dengan memasang launcher pihak ketiga bisa membuat tampilan android semakin keren dan tidak membosankan. Tapi satu hal yang harus Anda ketahui bahwa launcher modifikasi dengan berbagai widget dan animasi yang digunakan secara berlebihan akan membuat android lemot. Jika Anda masih ngotot pengen pake launcher pihak ketiga, saya sarankan untuk masuk kesini : Kumpulan Launcher Android Paling Keren, Ringan, dan Hemat Baterai

Jadi itulah beberapa cara mengatasi android lemot dan sebenarnya cukup mudah jika kita mengetahuinya. Semoga bermanfaat dan bagi yang ingin berkomentar silahkan tulis komentar dibawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Android Lemot Parah dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel