Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense Blog 2 Kali Lipat

Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense Blog

Tidak sedikit blogger yang menulis artikel bukan hanya berbagi ilmu atau informasi kepada orang lain, namun mereka juga tidak terlepas dari yang namanya penghasilan. Penghasilan blog memang harus ditingkatkan, hal tersebut demi terciptanya blog yang terawat. Karena selama ngeblog tentu kita membutuhkan biaya seperti biaya untuk internet, hosting, domain, dll.

Kebanyakan blogger menjadi seorang publisher di Google Adsense untuk mendapatkan uang. Namun ternyata setelah saya diterima menjadi publisher ada tantangan baru yaitu meningkatkan penghasilan adsense. Karena faktanya, penghasilan adsense newbie tidak seindah penghasilan para master blogger. Nah di artikel kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman mengenai cara meningkatkan penghasilan adsense di blog secara perlahan tapi pasti.

Biasanya permasalahan utama untuk blog Indonesia adalah nilai BPK/CPC yang rendah, hal tersebut yang menyebabkan sedikitnya penghasilan. Namun sebenarnya ada faktor - faktor lain yang bisa meningkatkan penghasilan adsense di blog, mari simak artikel ini sampai habis.


Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense di Blog


1. Riset keyword dengan BPK tinggi

Cara pertama untuk meningkatkan penghasilan adsense blog itu dengan riset atau menggunakan keyword yang memiliki bayaran (BPK/CPC) yang tinggi atau sering dikenal dengan HPK (High Paying Keyword). Sekilas mengenai high paying keyword adalah kata kunci yang memiliki nilai bpk yang tinggi, sebenarnya semakin tinggi bpk semakin tinggi juga persaingan. Tapi tidak sedikit perusahan besar yang berani memberikan harga mahal di keyword - keyword tersebut.

Nah dengan memanfaatkan keyword tersebut tentu kita mampu meningkatkan penghasilan adsense di blog. Riset keyword bisa Anda lakukan ketika membuat artikel dan membuat blog. Misalnya ketika ingin membuat blog, Anda harus menganalisis dulu bpk keyword yang nantinya akan digunakan. Biasanya keyword mengenai kesehatan, teknologi, dan asuransi memiliki bpk yang tinggi. Anda bisa memanfaatkan alat gratis untuk riset keyword, saya sendiri menggunakan Google Keyword Planner. Artikel terkait : Cara Daftar Google Keyword Planner Secara Gratis

2. Setting Ad Balance

Ad balance adalah fitur adsense dimana kita bisa memfilter iklan yang memiliki nilai bayaran tinggi yang akan tayang di blog. Dengan cara ini tentu Anda bisa meningkatkan penghasilan blog dan memberikan iklan - iklan terbaik kepada pengunjung blog, untuk mencobanya Anda bisa masuk ke Adsense > Ad Balance (Saldo Iklan). Disana Anda akan melihat dua presentase 100%. Nah untuk meningkatkan penghasilan Adsense, kita bisa merubah "showing" ke presentase terendah dengan memperhatikan "earnings" tetap di 100%.

Misalnya gambar dibawah menunjukkan dua presentase 100%, mungkin bagi Anda yang belum setting ad balance juga akan seperti ini. Ini berarti bahwa semua iklan yang memiliki bayaran rendah dan tinggi akan tayang di blog Anda.
Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense Blog

Selanjutnya kita rubah presentase "showing atau menampilkan" ke 70% dan "earnings" masih 100% seperti gambar dibawah. Itu berarti bahwa iklan akan difilter terlebih dahulu dan lebih mementingkan iklan yang memiliki bayaran tinggi untuk ditayangkan di blog. Jadi otomatis bpk adsense Anda akan meningkat pula, namun biasanya beberapa iklan terkadang blank. Hal ini disebabkan karena kita setting presentase "showing".
Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense Blog

Coba lihat gambar dibawah, ketika presentase "showing" dirubah menjadi 47%, presentase "earnings" berkurang jadi 99%. Nah hal ini yang harus dihindari, karena memang mampu memfilter iklan yang memiliki bayaran tinggi yang mampu tayang di blog, namun presentase pendapatan berkurang karena kemungkinan besar unit iklan akan banyak yang blank.
Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense Blog

Lalu settingan bagaimana yang bagus ?

Setiap blog memiliki formula yang berbeda - beda untuk meningkatkan penghasilan adsense dengan setting ad balance. Saran saya coba Anda lakukan eksperiment terlebih dahulu dengan jarak watu 2 minggu. Nanti akan ketauan berapa presentase showing yang mampu meningkatkan penghasilan blog. Tapi ada beberapa pendapat bahwa setting ad balance mampu meningkatkan penghasilan adsense jika diterapkan di blog yang memiliki trafik tinggi. Sebaliknya untuk trafik rendah, tidak akan ada efek nya atau bahkan malah mengurangi penghasilan.

3. Gunakan template yang responsive

Menggunakan template yang responsive menurut saya adalah kewajiban untuk Anda terapkan di blog. Karena jika dilihat dari algoritma google terbaru, dimana kecepatan loading blog mampu membuat blog berada di serp teratas. Dengan kecepatan yang sangat bagus, semua konten yang ada di blog akan termuat secara cepat, salah satunya iklan adsense. Jadi iklan akan tayang secara sempurna dengan waktu yang cepat. Mungkin Anda bisa melihat artikel :

4. Atur penempatan dan penggunaan jenis iklan

Anda bisa meningkatkan penghasilan adsense secara mudah yaitu dengan mengatur penempatan iklan dan penggunaan jenis iklan. Karena tidak semua jenis iklan memiliki nilai bpk yang tinggi, dibawah ini beberapa jenis iklan yang saya sarankan berdasarkan hasil eksperiment di blog ini :

  • 300 x 250 adalah jenis iklan banner dan teks yang memiliki investor pengiklan yang banyak dan memiliki bpk yang lumayan tinggi. Namun Anda harus memfilter iklan ini supaya bisa mendapatkan bpk yang tinggi, silahkan masuk ke : 
  • Responsif adalah jenis iklan yang paling saya sukai, karena dia mampu memberikan ukuran secara otomatis tapi memiliki bpk yang tinggi. Saran saya lebih baik setting iklan responsif menjadi image only, artinya hanya iklan bergambar tanpa iklan teks.
  • Native In-Article juga mampu meningkatkan penghasilan blog Anda. Selain itu juga iklan yang tayang akan sangat relevan dengan topik konten yang dibahas.
  • Iklan Tautan tidak selamanya memiliki nilai bpk rendah, bahkan terkadang sangat tinggi. Meskipun begitu saya tetap menyarankan untuk menggunakan iklan ini karena akan meningkatkan jumlah klik iklan.
Itulah beberapa jenis iklan yang menurut saya mampu meningkatkan penghasilan adsense di blog. Selanjutnya Anda harus memikirkan penempatan iklan yang cocok, dalam artian mampu mengundang klik yang banyak setiap harinya. Biasanya tempat tersebut adalah diatas artikel (dibawha judul), ditengah artikel, dan dibawah artikel. Adapun formula yang saya pakai di blog ini adalah :
  • 1 iklan di atas artikel
  • 2 iklan di tengah artikel
  • 1 iklan di bawah artikel

Jadi itulah beberapa cara meningkatkan penghasilan adsense di blog berdasarkan pengalaman saya pribadi. Silahkan berkomentar jika Anda mempunyai masukkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga kita semua diberi kesuksesan oleh Tuhan YME.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel