Cara Merubah ROM Odex ke Deodex Tanpa PC


Dalam sebuah sistem android ada perbedaan yang masih belum banyak diketahui oleh orang, yaitu antara rom odex dan deodex. Apa itu maksudnya ? Di artikel ini saya akan membahas tuntas mengenai apa itu rom odex dan deodex, manfaatnya, dan cara merubah dari rom odex ke rom deodex.

Apa itu ROM Odex dan Deodex ?

Odex

ROM Odex adalah sebuah penerapan dalam aplikasi yang ada di sistem, dimana file *dex dari setiap aplikasi yang terinstall tidak dibungkus menjadi satu, melainkan dipisahkan dengan aplikasinya. Jadi ada file aplikasi, ada file *dex yang dikeluarkan menjadi *odex dari aplikasi itu sendiri.

Deodex

Sedangkan jika ROM Deodex sebaliknya,  file *dex setiap aplikasi yang terinstall akan dibungkus dengan aplikasi itu sendiri. Jadi tidak akan ada file *dex yang dikeluarkan dari aplkasi.

Apa perbedaannya ? 

Sebenarnya perbedaan antara rom odex dan deodex itu cukup simple. Jika rom odex akan lebil cepat melakukan booting, karena aplikasi sudah dioptimasi. Namun kekurangannya Anda tidak bisa melakukan modifikasi aplikasi seperti dc atau rc. Sedangkan jika rom deodex itu memungkinkan Anda untuk melakukan modifikasi aplikasi, misalnya edit SystemUI.apk

Bagaimana cara mengetahui odex atau deodex ?

Untuk mengetahui apakah rom yang Anda gunakan itu adalah rom odex atau deodex, Anda harus terlebih dahulu melakukan Rooting pada Android nya, selanjutnya :

  1. Install dan buka Root Explorer
  2. Masuk ke System
  3. Masuk lagi ke app
  4. Disini Anda akan melihat beberapa aplikasi yang terinstall. Jika dibawah aplikasinya ada file lagi dengan ekstensi .odex maka rom yang digunakan dalam posisi odex. Sedangkan jika deodex tidak akan ada file tersebut, jadi hanya  ada file aplikasi saja.


Cara Merubah ROM Odex ke Deodex

Sebelumnya merubah dari rom odex ke deodex, android harus memenuhi persyaratan dibawah ini :
  • Android dalam keadaan root
  • Sudah menginstall 3C Toolbox Pro
Langkah 1 : Masuk ke 3C Toolbox Pro tersebut

Langkah 2 : Cari dan Masuk ke System Manager

Langkah 3 : Klik de(odex) ROM

Langkah 4 : Klik ON untuk system/app, system/priv-app, system/framework

Langkah 5 : Klik ON juga untuk Zip-align system apk

Sampai sini Anda sudah berhasil merubah dari rom odex ke rom deodex. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya, silahkan Anda cek dengan cara diatas yang sudah saya jelaskan. Menurut saya jika Anda seseorang yang suka modifikasi sistem android, maka Anda wajib merubah rom ke deodex. Sekian dari saya semoga bermanfaat, jika ada kesalahan saya tidak bertanggung jawab.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel