Ciri Aplikasi Android Berbahaya Mengandung Virus dan Malware Serta Cara Mengatasinya

Ciri Aplikasi Android Berbahaya Mengandung Virus dan Malware Serta Cara Mengatasinya

Ciri aplikasi android berbahaya - Dalam menggunakan android tentu kita membutuhkan yang namanya dengan aplikasi (.apk). Dimana aplikasi ini bisa membantu kita untuk melakukan berbagai aktifitas, seperti bermain game, menonton video, dan lain sebagainya. Namun yang jadi permasalahan adalah tidak sedikitnya aplikasi yang dirancang khusus untuk menyebarkan berbagai virus dan malware, biasanya tingkah laku orang - orang jahil yang melakukan hal seperti ini.

Aplikasi android berbahaya yang mengandung virus dan malware tentu akan berdampak negatif, terutama pada kesehatan android Anda, seperti baterai hp tidak bisa dicas, kinerja android yang menurun (lemot), dan sebagainya. Nah di artikel kali ini saya ingin membagikan ciri - ciri aplikasi android berbahaya mengandung virus dan malware. Artikel ini sangat wajib Anda ketahui, karena dengan mengenal ciri aplikasi android berbahaya, Anda bisa lebih teliti lagi ketika akan menginstall aplikasi.

Baca Juga : Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali dengan Mudah

Ciri - Ciri Aplikasi Android Berbahaya Mengandung Virus dan Malware

1. Aplikasi tidak ada di Google Play Store

Google Play Store adalah sebuah tempat dimana pengguna android bisa mendownload berbagai aplikasi, baik gratis maupun berbayar. Aplikasi yang ada di play store, adalah aplikasi yang benar - benar terjamin dan terhindar dari virus. Karena setiap aplikasi yang ada disana, mengalami tahap pemindaian terlebih dahulu dengan fitur proteksi keamaan.

Nah salah satu ciri aplikasi android berbahaya adalah aplikasi yang Anda dapatkan bukan dari play store, misalnya dari sebuah blog atau web yang tidak jelas pertanggungjawabannya. Namun ada juga aplikasi android berbahaya yang ada di play store, jadi Anda harus tetap berhati - hati.

2. Developer aplikasi tidak jelas

Ketika akan mendownload aplikasi, Anda harus mengetahui siapa developer (pengembang) aplikasi tersebut, karena ciri aplikasi android berbahaya mengandung virus dan malware adalah berasal dari developer yang tidak jelas. Misalnya ketika akan mendownload game usahakan untuk mendownload dari developer yang sudah terkenal seperti Gameloft, Tencent, Garena, dll supaya bisa terhindari dari serangan virus dan malware.

4. Memiliki rating yang buruk

Rating biasanya diberikan oleh para pengguna mengenai kepuasaan dia selama menggunakan aplikasi tersebut. Dengan begitu tentu aplikasi yang memiliki rating buruk adalah ciri aplikasi android berbahaya mengandung virus dan malware. Jadi Anda juga harus melihat rating aplikasi sebelum mendownload aplikasi tersebut.

5. Isi deskripsi tidak jelas

Pengembang yang baik biasanya memberikan deskripsi aplikasi mereka secara rinci dan jelas, sampai - sampai mendeskripsikan apa saja fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut. Namun yang harus Anda perhatikan dari ciri aplikasi android berbahaya mengandung virus dan malware biasanya deskripsi aplikasinya tidak jelas, atau bahkan tidak ada.

6. Banyak keluhan atau komentar negatif

Ciri aplikasi android berbahaya selanjutnya yaitu terdapat banyak keluhan dan komentar negatif dari orang yang menggunakan aplikasi tersebut. Jadi Anda jangan sekali - kali mendownload aplikasi jika di kolom komenter terdapat banyak respons negatif, karena bisa saja aplikasi tersebut mengandung virus dan malware yang berbahaya.

Cara Mengatasi Android Terserang Virus dan Malware

Android yang sudah terserang virus dan malware biasanya identik dengan baterai yang boros, kinerja android terus menurun, terdapat banyak iklan muncul padahal tidak terhubung ke internet, sering sekali terjadi error tanpa sebab. Jika android Anda muncul gejala seperti itu, bisa diindasikan terserang virus dan malware.

Untuk cara mengatasi nya, Anda bisa mencoba membersihkan virus dan malware tersebut menggunakan antivirus. Saya sudah menyarankan antivirus android terbaik di artikel : 3 Antivirus Android Paling Ampuh dan Ringan Dijalankan. Namun jika masih beulm teratasi, jalan terakhir yaitu dengan melakukan reset pabrik atau lebih baik di flash ulang. Dengan begitu semua yang ada di dalam sistem android akan kembali seperti semula.

Mungkin cukup sekian untuk ciri aplikasi android berbahaya mengandung virus dan malware. Semoga setelah membaca artikel ini Anda bisa lebih berhati - hati lagi ketika ingin menginstall aplikasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel