Cara Membuat Hardisk Internal Menjadi Eksternal Baik Laptop juga PC

Cara Membuat Hardisk Internal Menjadi Eksternal

Hardisk eksternal merupakan pilihan jitu dikala Anda yang sangat membutuhkan kapasitas penyimpanan yang sangat banyak dan bisa dimasukkan ke dalam tas. Namun harga hardisk eksternal yang sudah jadi itu biasanya sangat mahal,bahkan bisa dikatakan tidak cocok untuk dompet pelajar.  Sebenarnya ada cara tersendiri untuk "membuat hardisk ekternal sendiri" yang tentu lebih murah tapi tidak kalah berkualitas, yaitu dengan "Membuat Hardisk Internal Menjadi Hardisk Eksternal", baik bekas Laptop maupun PC Dekstop.

Tidak sedikit orang yang membiarkan Laptop atau PC Dekstop nya begitu saja ketika sudah rusak. Padahal beberapa komponen masih bisa kita gunakan, itu dia Hardisk Internal yang bisa dijadikan Hardisk Eksternal. Jadi apabila Anda mempunyai Laptop atau PC Dekstop yang rusak jangan dibiarkan begitu saja ya.

Wajib Baca : Cara Merawat Keyboard Laptop


Cara Membuat Hardisk Internal Menjadi Eksternal

Dalam membuat hardisk internal menjadi hardisk ekternal itu sangatlah sederhana. Pertama tentu Anda membutuhkan sebuah hardisk internal dalam keadaan sehat, maksudnya masih berfungsi normal.

Hardisk internal Laptop mempunyai kelebihan tersendiri, selain ukurannya juga kecil, nantinya juga tidak membutuhkan asupan daya listrik lagi.Tapi bila tidak ada Anda juga bisa menggunakan hardisk internal PC Dekstop.

Selanjutnya Anda membutuhkan "Casing Hardsik" yang berfungsi sebagai "Converter USB to SATA". Alat ini bisa Anda beli di beberapa toko online. Harganya juga terjangkau, mulai dari yang murah sampai mahal juga ada. Perbedaanya tentu dari kualitas casing tersebut, semakin mahal tentu akan memberikan keawetan dan kecepatan transfer file yang berbeda, begitu juga sebaliknya.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membeli casing hardisk internal, yaitu :

  • Beli casing 2.5" bila Anda menggunakan hardisk internal Laptop, karena jenis ini lebih kecil dan cocok digunakan untuk hardisk internal Laptop
  • Sedangkan bila Anda menggunakan hardisk internal PC Dekstop yang lama, yang mempunyai ukuran lebih besar, beli casing 3.5".
Intinya sesuaikan dengan hardisk yang Anda gunakan.

Penggunaan Port USB 2.0 dan Port USB 3.0 sama - sama bisa digunakan. Namun lebih disarankan untuk menggunakan Port USB 3.0, karena memang dapat meningkatkan kecepatan transfer yang sangat signifikan.

Dalam memasang casing hardisk eksternal sangatlah mudah, Anda pasti bisa melakukannya, yaitu :
  • Buka pelindung dan skrup hardisk (bila ada), intinya telanjangi.
  • Masukkan hardisk internal ke dalam casing secara hati - hati dan pastikan sampai benar - benar masuk.
  • Masukkan juga converternya ke lubang pin yang ada di hardisk eksternal, hati - hati juga.
  • Anda sudah bisa menggunakan hardisk internal menjadi hardisk ekternal. Tapi terlebih dahulu format hardisk tersebut ke format NTFS (Windows) atau FAT (Windows, PS, Xbox).
Bila masih bingung cara membuat hardisk internal menjadi hardisk ekternal, Anda bisa menonton video tutorialnya di Youtube. Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Hardisk Internal Menjadi Eksternal Baik Laptop juga PC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel