Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke SD Card Samsung dengan Ampuh

Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke SD Card Samsung

Dalam mengubah penyimpanan internal ke SD Card Samsung itu sebenarnya ada pengaruhnya juga dari versi OS yang sedang digunakan. Seperti contohnya pada Android Marshmallow terdapat fitur Adoptable Storage yang berguna untuk memilih opsi penyimpana yang ingin digunakan, seperti mengubah penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal (sd card).

Tentu hal ini akan membantu untuk mengosongkan penyimpanan internal, karena berbagai data baik data aplikasi, foto, video, musik, dokumen, dll bisa kita simpan di sd card dan memfokuskan penyimpanan internal hanya sebagai penyimpanan sistem operasi saja.

Banyak sekali pengguna android Samsung yang masih setia di versi OS tersebut, karena untuk di versi OS terbaru kali ini (Android Oreo) tidak memiliki fitur adoptable storage tersebut. Jadi seringkali kita menemukan notifikasi penyimpanan penuh dan tentu hal tersebut sangat menjengkelkan jika terus berulang kali muncul. Namun sebenarnya Samsung mempunyai tujuan mengapa dia menonaktifkan setting penyimpanan, karena dia ingin kinerja smartphone nya lebih cepat lagi. Karena sebenarnya penyimpanan internal memiliki kecepatan transfer yang sangat tinggi dibandingkan sd card, dan hal tersebut berpengaruh terhadap kinerja smartphone.

Baca Juga : Cara Root HP Samsung Android Semua Tipe Tanpa PC

Namun apa boleh buat jika kita terus dihadapkan dengan notifikasi penyimpanan internal penuh. Anda tetap harus mengubah penyimpanan internal ke sd card Samsung untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sedangkan supaya kecepatan transfer file tidak menganggu kinerja smartphone, saya sarankan untuk menggunakan sd card class 10, dimana memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi dibandingkan class dibawah nya.

Cara mengubah penyimpanan internal ke sd card Samsung dengan bantuan ADB

Sebelumnya ADB (Android Debug Bridge) adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan antara smartphone dengan komputer. Bukan hanya smartphone Samsung saja yang bisa dihubungkan dengan ADB, semua merk juga bisa selama di sistem operasi android.

Nah untuk menggunakan ADB ini, Anda membutuhkan driver versi android yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga harus mengaktifkan terlebih dahulu opsi pengembang. Caranya yaitu masuk ke Pengaturan > About Phone (Tentang Ponsel) > tekan beberapa kali pada Build Number sampai ada notifikasi mode developer sudah diaktifkan. Selanjutnya masuk lagi ke Pengaturan, lalu cari bagian Pengaturan Developer yang telah diaktifkan tadi, biasanya ada di about phone juga. Setelah itu aktifkan opsi pengembang.

Jika sudah selesai melakukan tahapan diatas, silahkan ikuti lagi cara mengubah penyimpanan internal ke sd card Samsung dibawah ini :

Langkah 1 : Hubungkan android Samsung ke PC/Laptop menggunakan kabel USB dan pastikan bahwa mode debungging aktif (tahapan diatas)

Langkah 2 : Tekan tombol Windows + R di keyboard supaya bisa masuk ke Windows Commad Prompt, setalah itu ketik "cmd" dan tekan enter

Langkah 3 : Ketik "adb shell" dan tekan enter lagi

Langkah 4 : Ketik "sm list-disks" dan tekan enter lagi

Langkah 5 : Disini Anda akan melihat informasi dari sd card Samsung, tuliskan ID nya di kertas atau apa supaya tidak lupa

Langkah 6 : Ketik juga "sm partition disk type ratio: dan tekan enter lagi

Langkah 7 : Ketik lagi "sm partition disk:id sd card private" untuk mengubah semua penyimpanan inernal ke sd card atau "sm partition disk:id sd card private mixed 50" untuk mengubah sebagian penyimpanan internal ke sd card.

Id SD Card diganti dengan id sd card yang telah Anda dapatkan di langkah ke lima dan Anda dapat mengganti angka 50 sesuai keinginan Anda ingin dibagi berapa persen.

Langkah 8 : Cabut kabel USB yang menghubungkan dan biasanya android akan me-reboot otomatis, tunggu saja

Langkah 9 : Setting opsi penyimpanan menjadi Migrate Data dengan masuk ke pengaturan penyimpanan sd card.

Sampai sini Anda sudah berhasil mengubah penyimpanan internal ke sd card Samsung, apakah masih ada yang belum mengerti ? Silahkan bertanya dengan sopan di kolom komentar aja ya dan saya sangat menerima masukan bilamana masukan tersebut sangat bermanfaat dan membantu untuk meningkatkan kualitas artikel.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel