Inilah Kebijakan Baru SBMPTN 2019 yang Harus Kamu Ketahui

Kebijakan Baru SBMPTN 2019

Bagi yang ingin daftar ke perguruan tinggi lewat jalur SBMPTN, ada beberapa kebijakan baru yang tentu harus Kamu ketahui sebagai persiapan nanti. Kebijakan baru SBMPTN 2019 ini resmi dikemukakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Ada beberapa aturan main baru, diantaranya yaitu :

1. Menerapkan Metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

Di tahun - tahun sebelumnya, SBMPTN itu dilakukan dengan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC). Namun di kebijakan baru ini metode tersebut dihapus dan digantikan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Dengan menerapkan metode ini diharapkan bisa mencegah kecurangan dan membuat SBMPTN lebih adil dan transparan. Karena memang tidak sedikit yang lolos hanya mengandalkan uang saja.

Wajib Baca : Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

2. Daya Tampung SBMPTN 2019 Minimal 40%

Seperti biasa jalur seleksi PTN akan dibagi menjadi 3 jalur, yaitu SNMPTN yang sekarang memiliki daya tampung hanya 20% saja, SBMPTN yang memiliki kenaikan daya tampung yaitu minimal 40%, dan yang terakhir Ujian Mandiri (UM) yang memiliki daya tampung maksimal 30%.

Dari tahun ke tahun  daya tampung SNMPTN (jalur rapot) memang semakin mengecil. Ada beberapa rumor yang katanya, mahasiswa yang masuk lewat SBMPTN lebih berpotensi dibandingkan lewat SNMPTN. Hal ini mungkin karena nilai rapot ini bisa dimanipulasi sebaik mungkin.

Tapi hal ini jangan sampai "menurunkan semangat" Kamu, tetap berjuang karena masih banyak jalan menuju roma.

3. Terdapat Dua Materi Tes

Di kebijakan baru SBMPTN 2019 ini juga tedapat dua jenis tes yang harus Kamu hadapi, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPK) yang mana membantu untuk menemukan bakat peserta dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Dalam TKA ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu "Saintek dan Soshum". TKA akan mengukur seberapa besar kemampuan akademik yang diajarkan di sekolah dan yang dibutuhkan untuk berhasil di perguruan tinggi, dan soal yang digunakan juga berupa jenis soal HOTS (High Order Thingking Skills) yang tentu membutuhkan analisa lebih dalam lagi dalam mengerjakannya.

Adapun untuk jurusan "Seni dan Olahraga", Tes Keterampilan digantikan dengan Seleksi Portofolio non-akademis layaknya SNMPTN.

4. Tes Dulu baru Daftar Perguruan Tinggi

Kebijakan Baru SBMPTN 2019

Hal yang jauh berbeda dengan SBMPTN sebelumnya yaitu "cara masuk" ke perguruan tinggi itu sendiri.

Jika di tahun - tahun sebelumnya itu harus memiliki perguruan tinggi serta jurusan yang dinginkan. Kemudian serentak melakukan SBMPTN.

Namun kali ini berbeda, Kamu harus mengikuti SBMPTN terlebih dahulu, dalam artian belum memilih perguruan tinggi. Nilai hasil UTBK lah yang bisa digunakan untuk mendaftar ke PTN.

Selain itu di kebijakan baru SBMPTN 2019 ini, semua nilai siswa akan diumumkan secara langsung. Berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana siswa tidak mengetahui berapa nilai mereka.

5. SBMPTN Bisa Diikuti Sebanyak 2 Kali

Aturan main SBMPTN tahun ini dapat diikuti sebanyak 2 kali oleh setiap calon mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk menyaring calon mahasiswa yang memang benar - benar berkualitas. Dari kedua nilai UTBK tersebut, Kamu bisa menggunakan nilai tertinggi untuk mendaftar ke PTN yang diinginkan. Jadi apabila hasil tes pertama kurang memuaskan, bisa megikuti tes kedua dengan jenis soal yang sama tapi tentu beda pernyataannya.

Adapun UTBK tersebut akan berlangsung di bulan Maret - Mei 2019, selama 12 hari dan dibagi menjadi 24 gelombang di tiap Hari Sabtu dan Minggu. Untuk mengikuti UTBK ini, peserta harus membayar sebanyak Rp. 200.000 dan di tes kedua juga akan dikenakan biaya yang sama.

Memang banyak sekali kebijakan baru SBMPTN 2019 ini. Menurut Menteri Nasir, semua aturan main ini adalah revolusi dari sistem penerimaan mahasiswa, dan untuk menciptakan mahasiswa yang benar - benar berkualitas. Sebenarnya Kamu jangan khawatir dengan sistem baru SBMPTN ini, teruslah berjuang dan siapkan diri Kamu untuk mengahadapinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Inilah Kebijakan Baru SBMPTN 2019 yang Harus Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel