Cara Mengatasi Laptop Terkena Air Mati Total dengan Sederhana


Laptop terkena air mati total - Semua barang elektronik memang tidak suka dengan air, karena bisa menyebabkan kerusakan pada komponen - komponen. Meskipun waterprof juga tidak akan bertahan lama di dalam air. Contoh kasusnya laptop terkena air sampai mati total. Tentu itu adalah hal yang tidak diinginkan bagi semua pemilik laptop.

Banyak kasus laptop terkena air sampai mati total, misalnya ketumpahan air minum yang sengaja di simpan di samping laptop sambil bekerja atau tas laptop yang kehujanan sampai tembus kedalam. Sebenarnya faktor dari permasalahan ini merupakan keteledoran saat menggunakan laptop. Maka alangkah baiknya jika Anda harus berhati - hati dalam menggunakan laptop, karena laptop merupakan barang berharga yang sangat bermanfaat di zaman modern ini.

Cara Mengatasi Laptop Terkena Air

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips untuk mengatasi laptop terkena air sebelum Anda membawanya ke service center, karena jika sudah dibawa ke service center tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

1. Mengatasi dengan cara sederhana

Anda bisa mengatasi laptop terkena air dengan cara sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri, diantaranya yaitu :

  • Cabut baterai laptop terlebih dahulu (kalo bisa)
  • Masukkan lap atau tisu yang dapat menyerap air ke dalam lubang yang dimasuki air
  • Simpan laptop dalam posisi vertikal (tegak) di tempat kering dan bersih
  • Keringkan lubang - lubang yang terkena air dengan hair dryer atau kipas
Cara tersebut bisa mengatasi laptop yang terkena air, akan tetapi butuh waktu lama bisa sampai 5 jam. Namun jika dengan cara diatas masih tidak bisa, terpaksa Anda harus menggunakan cara yang sadis dan tidak semua orang rela melakukannya yaitu membongkar tiap - tiap komponen laptop, seperti hardisk, ram, processor, dll. Kemuadian Anda keringkan menggunakan hair dryer juga, kalau sudah benar - benar kering bisa Anda rakit kembali dan coba dinyalakan.

2. Cara terakhir

Apabil kedua cara diatas sudah dilakukan dan laptop masih mati total. Tidak ada jalan lain selain dibawa ke service center terpercaya. Namun tentu Anda harus menyiapkan budget yang cukup besar, apalagi kalau ada kerusakan komponen yang harus diganti. Saya sarankan untuk membawa ke service center terpercaya atau resmi, karena tidak sedikit kasus dimana komponen kita diganti dengan komponen lain yang tidak berkualitas.

Jadi itulah cara mengatasi laptop terkena air sampai mati total. Semua cara tersebut saya rankum dari berbagai sumber seperti blog dan forum - forum. Jadi silahkan Anda coba cara - cara diatas, semoga bisa membantu laptop Anda untuk bisa beraktivitas seperti biasanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel