Peraturan Monetisasi YouTube Terbaru [Updated Oktober 2018]

YouTube merupakan platform raksasa yang di dalamnya serba ada, banyak sekali orang yang menggunakan YouTube dalam kesehariannya, baik untuk hiburan dan hal lainnya. Ada satu permasalahan dari dulu yang meresahkan banyak pihak, yaitu Reuploader. Dimana mereka seenak nya mengupload ulang video orang lain demi keuntungan semata. Karena memang Youtube ini bisa menghasilkan uang dan tidak sedikit orang menjadikannya sebagai sumber penghasilan.
Artikel terkait : Cara Mendapatkan Uang dari YouTube bagi Pemula


Peraturan Youtube Terbaru 2018

Peraturan Youtube Terbaru 2018

Youtube mengeluarkan peraturan terbaru di bulan Oktober 2018. Dimana semua Anggota YouTube's Partner Program (YPP) harus memenuhi peraturan "duplikat konten" sebelum mereka memonetisasi kontennya. Dan jika melanggar, baik channel baru maupun sudah terkenal juga akan dikenakan takedown atau suspend channel secara langsung.

Youtube juga menjelaskan beberapa kriteria video yang termasuk kedalam duplikat konten yaitu :

  • Dibuat secara otomatis, seperti menggunakan tools ilegal
  • Video diambil dari pihak ketiga tanpa ada sumber atau penjelasan dari pembuatnya
  • Video diunggah berkali - kali dengan channel yang berbeda
  • Pembuat video menggunakan berbagai cara untuk melampaui alat hak cipta Youtube

Namun bukan berarti Anda tidak bisa bekerja sama dengan pihak ketiga. Creator Youtube masih bisa menggunakan konten (footage video atau musik) dengan catatan sebagai penambah konten utama dan juga harus memiliki lisensi terlebih dahulu.

Sebagai penambah konten utama gimana maksudnya ?

Jadi konten pihak ketiga itu digunakan untuk mendukung konten utama yang dibuat sendiri. Jangan sampai konten dari pihak ketiga digunakan secara tidak wajar dan untuk tujuan memonetisasi channel semata. Apabila hal tersebut terjadi, tetap tidak memenuhi persyaratan sebagai Anggota YouTube's Partner Program (YPP).

Itulah peraturan baru Youtube di bulan Oktober 2018 ini. Menurut saya jika dilihat dari peraturan baru ini, Youtube ingin memiliki Creators yang benar - benar berkualitas dan tidak memanfaatkan platform ini sebagai sumber penghasilan saja. Semoga dengan peraturan baru ini bisa membersihkan channel reupload yang malah meresahkan banyak pihak dan mendorong para creators untuk terus berkarya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Peraturan Monetisasi YouTube Terbaru [Updated Oktober 2018]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel