Usaha Pemerintah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan yang Wajib Diketahui

Diambil oleh Zabur Karuru

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari - hari, terutama pendidikan formal. Karena dengan kualitas pendidikan yang tinggi, maka bisa menurunkan angka pengangguran, dan hal - hal lainnya yang berhubungan dengan rendahnya ekonomi.

Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan memang sudah dilaksanakan sejak dulu. Tapi kenapa masih banyak orang yang berpendapat bahwa pendidikan Indonesia itu buruk, apakah dia hanya memandang pendidikan Indonesia dari sebelah sisi saja ?

Memang pemerintah belum bisa merealisasikan upaya meningkatkan kualitas pendidikan di semua sekolah yang ada di Indonesia termasuk pelosok - pelosok. Tapi selaku warga negara yang baik kita jangan sampai memaki - maki bahwa pendidikan Indonesia itu masih buruk. Apa salahnya kita ikut berkontribusi untuk memajukan generasi emas bangsa ?

Usaha Pemerintah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Pada kesempatan kali ini saya hanya ingin menginformasikan kepada Anda mengenai usaha yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pendidikan Indonesia tercinta ini, diantaranya yaitu :

1. Mengeluarkan dana BOS (Biaya Operasional Sekolah)

Dana BOS mulai dikenalkan pada tahun 2005, pemerintah berupaya untuk meningkatkan pendidikan Indonesia dengan menghibahkan uang yang disebut dana BOS kepada seluruh sekolah negeri di Indonesia dengan besaran yang berbeda - beda, tergantung tingkatan dan jumlah siswa.

Dengan adanya dana bos ini tentu bisa membuat perubahan yang signifikan. Terbukti keluarga miskin bisa mengurangi biaya sekolahnya karena bantuan dari dana bos ini. Selain itu, sekolah bisa fokus membangun infrastruktur seperti sarana guna meningkatkan mutu pendidikan. Masih banyak manfaat lainnya yang didapatkan dari dana bos ini, seperti :

  • Menurunkan beban keuangan orang tua murid
  • Lebih banyak anak yang sekolah
  • Sekolah bisa membeli media pembelajaran seperti buku
  • dan masih banyak lagi

2. Memberikan beasiswa untuk anak yang kurang mampu


Sekarang tidak ada pelanggaran hak mendapatkan pendidikan, sekalipun orang tersebut adalah orang tidak mampu (tidak punya biaya sekolah). Karena pemerintah sudah memberikan beasiswa kepada anak - anak seperti itu, bahkan sampai perguruan tinggi pun beasiswa masih tetap ada.

Tapi memang tidak mudah untuk mendapatkan beasiswa, terutama beasiswa perguruan tinggi. Anda harus benar - benar dalam mencari ilmu, artinya memiliki prestasi yang tinggi. Maka jangan berkecil hati bila Anda kekurangan biaya untuk sekolah.

3. Meningkatkan kualitas guru

Guru memiliki peran yang penting di sekolah, bahkan film Dilan 1990 pun mengatakan "Guru itu digugu dan ditiru...". Jadi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pemerintah juga senantiasa meningkatkan kualitas guru sebaik - baiknya.

Hal ini terbukti dengan beberapa perintah yang dikeluarkan pemerintah bahwa ada beberapa (banyak) guru yang harus melakukan kuliah ulang. Selain itu, pendaftaran CPNS sekarang juga melalui web resmi pusat, hal ini membuat pendaftaran cpns semakin transparan dan mencegah adanya oknum - oknum. Juga pengangkatan PNS sekarang itu tidak mudah, karena memang pemerintah menginginkan guru yang terbaik. 

Lalu seperti apa guru yang baik itu ? Guru yang baik bukan sekedar dia itu pintar, akan tetapi guru itu bisa mengajarkan kepada murid - muridnya mengenai perbuatan yang baik juga. Misalnya meningkatkan sisi agama di dalam diri murid yang dia ajarkan. Karena percuma bila seseorang pintar tapi memiliki akhlak yang buruk, yang akan terjadi paling korupsi semakin merajalela

4. Menegaskan sekolah 12 tahun

Kebanyakan masyarakat Indonesia dulu hanya belajar di sekolah selama 6 tahun (SD) bahkan tidak sama sekali. Tapi sekarang pemerintah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dengan menegaskan kepada anak - anak bangsa untuk sekolah minimal 12 tahun supaya anak bangsa bisa meningkatkan kecerdasan.

Anda jangan berfikir bahwa pemerintah hanya menyulitkan seseorang untuk bekerja. Karena faktanya bukan begitu, jika dipikirkan dengan akal yang sehat itu berarti bahwa pemerintah menginginkan masyarakat di masa depan itu berpendidikan tinggi yang bisa membawa Indonesia menuju gerbang kesuksesan. Coba bayangkan bila kebanyakan masyarakat Indonesia berpendidikan rendah, mungkin yang akan terjadi tidak jauh seperti dulu lagi, Indonesia di jajah kembali karena faktor kebodohan.

Jadi itulah beberapa usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Semoga dengan artikel ini tidak ada lagi orang yang terus - terusan menghina bahwa pendidikan Indonesia itu hancur. Saya bukan bermaksud menyalahkan orang seperti itu, tapi setidaknya Indonesia adalah negera yang kita miliki, tempati, apa salahnya kita ikut kontribusi untuk memajukan negara kita sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Usaha Pemerintah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel