Ciri HP Android Kena Virus Lengkap Cara Mengatasinya

ciri hp android terkena virus

Ciri HP Terkena Virus - Semakin banyaknya pengguna smartphone seperti hp android, semakin banyak juga para cybercrime menargetkan virus atau malware kepada pengguna hp android tersebut. Apalagi si pengguna adalah orang awam, dalam artian baru mengenal smartphone dan internet, tentu itu merupakan sasaran yang sangat empuk. Maka dari itu perlu pemahaman akan pentingnya mengetahui ciri hp terkena virus, cara mengatasinya juga cara menghindarinya.

Keberadaan virus di hp android tentu sangat menganggu, terutama terhadap kesehatan hp android itu sendiri. Karena virus atau malware mampu masuk sampai ke perangkat penting di hp android dan secara perlahan bisa merusaknya. Selain itu juga, ada beberapa virus yang mampu mengambil data -data pribadi yang penting seperti akun perbankan dan data keuangan lainnya.

Di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa Ciri HP Android Kena Virus Lengkap Cara Mengatasinya. Tapi sebelum itu kamu harus tahu penyebab hp android terkena virus atau malware, yaitu diantaranya :

  • Sering membuka situs yang mencurigakan, seperti sudah di blokir Google
  • Menginstall aplikasi berbahaya, misalnya aplikasi ilegal, hasil mod, dan lain sebagainya.
  • Mendownload file mencurigakan dari situs tidak resmi atau tidak terpercaya
  • Meminta file dari device yang terdapat virus

Nah itulah beberapa penyebab hp android kena virus. Secara keseluruhan virus masuk karena kelalaian dan kurang telitinya dalam penggunaan smartphone tersebut. 

Lantas apakah selama ini kamu menggunakan android dengan teliti ? Berikut ciri hp kena virus yang bisa kamu jadikan indikasi akan sehat atau tidak sehatnya android kamu sekarang.

Ciri - Ciri HP Android Terkena Virus

1. Kinerja Android Menurun (Lemot)

Kita sering menyebutnya dengan "lemot", dimana dalam keadaan ini performa android menurun sehingga biasanya orang marah - marah, apalagi ketika bermain game.

Android lemot secara keseluruhan disebabkan karena banyaknya aktivitas aplikasi yang membuat penyimpanan menjadi penuh. Apalagi bila kamu membuka aplikasi secara bersamaan, tentu akan memakan banyak RAM. Hal ini wajar apabila terjadi di hp android yang memang menginstall banyak aplikasi dan memiliki banyak data.

Namun yang tidak wajar apabila lemot di android yang masih "fresh", dalam artian tidak memiliki banyak aplikasi dan data. Apabila android kamu lemot padahal keadaan android masih fresh, ini bisa saja hp android kena virus. Dimana virus tersebut berjalan di latar belakang (tersembunyi) dan membuat performa menurun. 

Apabila kamu curiga bahwa android lemot karena virus, kamu bisa memastikannya dengan "cek daftar aplikasi yang terinstall" dan beberapa file yang ada di penyimpanan, baik internal maupun eksternal.

2. Muncul Iklan Pop-up

Iklan jenis Pop-up adalah iklan yang muncul dan menutupi seluruh layar android. Jenis iklan ini wajar muncul apabila kamu sedang mengakses situs, karena bisa saja pemilik situs tersebut memasang jenis iklan itu.

Namun yang termasuk kedalam ciri hp android terkena virus adalah apabila iklan pop-up itu muncul secara terus menerus, baik dalam keadaan home, lockscreen, bahkan sedang membuka aplikasi.

Kamu harus hati - hati apabila android kamu mengalami hal seperti ini. Karena dari beberapa kasus iklan pop-up tersebut mampu mengambil data - data pribadi di android kamu. Jadi ketika kamu mengklik (membuka) iklan tersebut, baik sengaja maupun tidak sengaja, itu berarti bahwa kamu sudah memberikan akses kepada virus untuk mengambil semua data yang ada di smartphone.

Biasanya virus seperti ini muncul karena kamu menginstall aplikasi dari sumber yang mencurigakan (tidak resmi). Selain itu, virus ini biasanya juga terdapat dibeberapa aplikasi mod full versi, seperti game dan aplikasi lainnya.

3. Baterai Cepat Habis

Semakin maju teknologi, kini android sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang begitu besar. Namun hal itu tidak dipastikan bisa membuat baterai awet, karena semuanya tergantung penggunaan kamu. Apabila menggunakan android secara terus menerus dan membuka banyak aplikasi (multitasking), tentu akan banyak daya yang dikeluarkan.

Namun yang patut kamu curigai apabila baterai cepat habis (boros) dari biasanya, padahal kamu menggunakan android secara biasa, dalam artian tidak membuka banyak aplikasi dan aplikasi yang berat juga.

Hal tersebut merupakan ciri hp terkena virus, dimana virus tersebut secara diam - diam berjalan di latar belakang, otomatis kamu tidak mengetahuinya. Kamu bisa memastikan dengan mudah apakah hal tersebut disebabkan oleh virus atau bukan dengan "cara menganalisa penggunaan baterai". Apabila ada aplikasi mencurigakan dan tidak pernah kamu buka, bisa saja dia adalah biang keroknya.

4. Kenaikkan Suhu yang Tidak Wajar

Suhu android juga sewaktu - waktu bisa berubah drastis tergantung dari pemakaiannya. Memainkan game berat bisanya menjadi faktor utama android jadi panas, hal itu wajar dan suhu pasti akan kembali normal apabila sudah beres memainkan gamenya.

Namun ciri hp android terkena virus apabila suhu naik drastis (panas) dan susah kembali ke suhu normal, padahal kamu tidak membuka aplikasi berat. Hal ini juga disebabkan karena ada aplikasi pembawa virus yang berjalan di latar belakang.

Kamu bisa menganalisis aplikasi pembawa virus tersebut dengan masuk ke "aplikasi berjalan". Apabila kamu menganalisis secara teliti, pasti akan ketemu dan hapus aplikasi tersebut apabila memang mencurigakan.

5. Sering Restart Sendiri

Android merestart sendiri bisa jadi disebabkan oleh virus yang sudah berhasil masuk dan merusak sistem operasi android. Lebih parah lagi ketika merestart secara terus menerus, dan saya pernah mengalami masalah ini, setelah diteliti ternyata memang terkena virus.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan scanning dan menghapus virus tersebut dengan bantuan antivirus terbaik. Tapi apabila cara tersebut tidak bisa mengatasi masalah, jalan terakhir yang bisa kamu lakukan dengan "flash ulang" android.

6. Terdapat File Aneh

Selain tinggal di dalam aplikasi, virus juga biasanya tinggal di "penyimpanan". Suatu folder atau file yang memiliki nama aneh seperti "!23%^':_*" atau bahasa asing adalah ciri hp android terkena virus.

Apalagi bila folder atau file tersebut tidak berguna sama sekali dan tidak bisa kamu hapus, bisa dipastikan bahwa itu benar - benar virus. Kamu bisa menghapus virus seperti dengan bantuan antivirus android.

7. Beberapa Fitur Tidak Normal

Masuknya berbagai malware ke sistem android, bisa saja membuat beberapa fitur tidak berjalan dengan normal, seperti aplikasi sering keluar sendiri dan lebih parahnya ada beberapa fitur yang tidak berfungsi sama sekali.

Biasanya hal ini terjadi karena keberadaan virus di android sudah menyebar ke berbagai bagian. Cara ampuh mengatasinya yaitu dengan melakukan flash ulang dan menginstall antivirus supaya ada report apabila ada ciri - ciri virus.

Cara Mengatasi Virus di Android

ciri hp android terkena virus

Itu diatas adalah ciri - ciri hp android terkena virus, tidak lengkap rasanya apabila tidak ada solusi. Maka dari itu berikut cara mengatasi virus di android :
  • Install antivirus yang berguna untuk mencegah dan menghapus berbagai jenis virus
  • Jangan install aplikasi dari situs yang mencurigakan, misalnya situs kumpulan mod ilegal dan lain sebagainya
  • Transfer dan terima file dari berbagai perangkat dengan hati - hati, dalam artian jangan melakukan transaksi file dengan perangkat yang terdapat virus
  • Gunakan internet dengan baik dan jangan mengakses situs - situs mencurigakan
  • Backup data secara rutin untuk menghindari hilangnya file penting karena virus

Jadi itulah beberapa Ciri HP Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya. Saya sarankan untuk lebih berhati - hati berseluncur di internet, karena kebanyakan virus terdapat di internet dan bisa masuk dengan mudah apabila kamu mengaksesnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel