Update Algoritma Google Terbaru 2018 [Studi Kasus]

Update Algoritma Google Terbaru

Update Algoritma Google Terbaru 2018 - Pada kali ini saya ingin berbagai "Studi Kasus" tentang apa saja update algoritma google terbaru 2018 dan apa yang harus di perhatikan dari update tersebut. Karena mulai dari Update Google Medic (Agustus), Google terus melakukan perubahan algoritma, bahkan hampir setiap hari.

Tidak sedikit juga blog yang kehilangan hampir seluruh trafiknya, dan saya juga mengalami hal tersebut. Studi kasus ini dibuat bukan bermaksud saya seorang "pakar seo", melainkan hanya ingin berbagi kepada sesama Blogger Indonesia, karena menurut saya memahami perkembangan Algoritma Google terbaru sangatlah penting.

Oke, mari menuju ke pembahasan...

Apa itu Algoritma ?

Sederhananya Algoritma itu sendiri merupakan "cara untuk menyelesaikan masalah". Jadi Google sendiri terus mengembangkan Algoritma miliknya supaya semua penggunanya bisa mendapatkan jawaban sebagus mungkin atas pertanyaan yang dia masukan di kolom pencarian.

Algoritma Google dari tahun ke tahun selalu diupdate, terutama update mayor atau update dalam skala besar. Karena untuk update skala kecil, di Webinar Search Console juga sudah dijelaskan bahwa Algoritma Google bisa saja berubah setiap hari, bahkan setiap jam nya. Ada banyak sekali sebutan Algoritma Google dari tahun ke tahun, saya tidak akan menjelaskan satu persatu karena memang sudah banyak yang membahas juga.

Namun yang ingin saya jelaskan kali ini yaitu betapa seringnya Google melakukan update algoritma belakangan ini. Jadi setelah melakukan Update Google Medic pada Agustus 2018 lalu, Google tidak ada hentinya melakukan update terus - menerus. Tidak sedikit blog yang terkena dampak atau trafik anjlok gara - gara perlakuan Google tersebut.

Semua hal tersebut saya dapatkan dari beberapa situs luar negeri yang membahas masalah SEO seperti di https://www.seroundtable.com/category/google-updates dan saya dapatkan juga dari Mozcast Weather, yang mana akan menunjukkan temperatur Google setiap 5 hari ke belakang. Jadi ketika temperature naik, hal tersebut menandakan bahwa ada perubahan besar di Algoritma Google, seperti gambar dibawah ini

Update Algoritma Google Terbaru

Apa saja yang ada di Google Update Terbaru ?

1. Google Medic menganut Google Panda

Mungkin Google Medic keluar karena banyak yang menggunakan metode Black Hat untuk mendapatkan serp teratas. Google Medic ini menganut Google Panda 2011, kenapa ? Karena di algoritma terbaru ini kualitas konten sangat diutamakan. Jadi Google akan melihat konten yang berkualitas berdasarkan dari User Experience (faktor utama) seperti berapa lama pengunjung membaca artikel tersebut, berapa jauh pengunjung mengeksplorasi blog, dan lain sebagainya. Sebagai faktor pendukungnya, link building yang relevan dari satu artikel ke artikel lainnya sangat diperlukan.

2. Meta Author

Meta Tag seperti keywords, dan deskripsi dari dulu memang bukan menjadi faktor utama blog untuk menduduki serp teratas. Namun di algoritma kali ini, keberadaan Meta Author sangat dilihat oleh Google. Mungkin Google menginginkan blog yang jelas kepemilikannya. Informasi ini saya dapatkan dari bebepa komentar di situs luar negeri yang membahas seo dan di forum Webmaster World.

3. New Webmaster Reports

Ini merupakan fitur baru yang dikhususkan untuk para blogger seperti kita. Jadi Google akan memberikan laporan (report) kata kunci yang kamu gunakan di suatu artikel, mencakup jumlah klik, tayangan, dan posisi rata - rata. Contohnya seperti gambar dibawah ini

Update Algoritma Google Terbaru


Studi Kasus yang saya lakukan

Dalam menghadapi perubahan Algoritma Google yang berdampak buruk pada blog, saya melakukan beberapa hal untuk mengatasinya. Sebenarnya terbilang cukup sederhana, tapi hasilnya bisa membuat trafik stabil dan meningkat secara perlahan. Studi kasus ini saya lakukan terhadap 2 blog sekaligus (TLD dan Blogspot), berikut screenshot trafiknya :

Update Algoritma Google Terbaru

Update Algoritma Google Terbaru


Rasa penasaran setelah mengetahui Meta Author berpengaruh, saya langsung menambahkannya dengan kode berikut :
<meta content='SiddiqRN' name='Author'/>

Konsisten update artikel sehari sekali dengan mementingkan kepuasan pengunjung di setiap artikelnya. Adapun untuk artikel yang sudah lama saya diamkan. Namun untuk artikel yang manambahkan waktu (hari, bulan, tahun) di judul saya perbarui lagi mulai dari judul sampai kerangka artikelnya.

Menanam backlink yang berkualitas, tapi sebelumnya saya analisis toxic backlink (buruk) menggunakan Ahrefs dan disavow semua backlink buruk tersebut dengan Google Disavow. Karena backlink lumayan berpengaruh, apalagi berasal dari situs yang relevan dan memiliki authority tinggi.

Social signal yang sudah saya bahas di : Social Signal untuk Meningkatkan SEO [Studi Kasus] tetap saya lakukan, bahkan diperluas dengan share ke beberapa grup yang relevan. Tapi usahakan jangan sampai spam kesana - sini, share secukupnya saja.

Terakhir saya menganalisis dan melakukan perubahan template supaya responsive, juga memperbaiki error 404 di blog.

Itulah beberapa hal yang saya lakukan untuk mengatasi penurunan trafik setelah update Algoritma Google, terutama Google Medic. Semua hal diatas, mungkin akan berbeda apabila diaplikasikan di blog lain, tapi semoga bermanfaat :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel