Cara Cek Denda Tilang Motor dan Mobil Secara Online Lengkap Pembayaran

cek denda tilang dan cara bayar

Cek denda tilang motor dan mobil yang melakukan pelanggaran lalu lintas kini bisa dengan mudah dilakukan dengan bantuan E-Tilang (online). Pelanggaran lalu lintas sering kali terjadi, baik itu disengaja seperti nekad berkendara tidak punya SIM atau bahkan tidak disengaja seperti lupa menghidupkan lampu.

Apapun alasannya, peraturan tetap berlaku dan tidak bisa diganggu gugat. Minta surat tilang dan bayar denda tilang sesuai peraturan yeng berlaku. Jangan sampai kamu membayar oknum polisi yang suka menawarkan "jalan damai".

Pada kesempatan ini saya akan membagikan Cara Cek Denda Tilang Motor dan Mobil Secara Online Lengkap Cara Pembayaran, yang mana artikel ini berasal dari pengalaman saya sendiri.

Jadi waktu itu saya berkendara menggunakan mobil dan belum mempunyai SIM, tapi umur sudah diatas 17 tahun, sudah punya KTP juga, cuma belum sempat bikin SIM. Saya sadar bahwa itu kesalahan saya, akhirnya STNK ditahan dan diberi surat tilang dengan alasan "tidak punya SIM".

Kena razia saat menggunakan motor sudah beberapa kali, namun saat menggunakan mobil baru waktu itu. Jadi saya tidak tahu berapa denda yang harus saya bayar. Setelah baca - baca di surat tilang tersebut, ternyata kita bisa dengan mudah cek denda tilang sekaligus bayar denda tersebut hanya beberapa langkah saja dengan E-Tilang.

Apa itu E-Tilang ?

cara cek denda tilang

E-Tilang adalah sebuah prosedur baru yang digunakan kepada pelanggar lalu lintas. Prosedur tilang sekarang berbeda dengan prosedur sebelumnya, yang mana sekarang Penindak menginput data Pelanggar di aplikasi E-Tilang. Kemudian Pelanggar akan mendapatkan notifikasi pembayaran denda tilang lengkap dengan alasan di tilang. Namun apabila tidak mempunyai HP, Pelanggan akan diberika surat tilang yang berwarna biru sebagai bukti bahwa dia melakukan pelanggaran.

Cara Cek Denda Tilang Online

Langkah 1 : Masuk ke www.etilang.info

Langkah 2 : Masukkan "Tilang No Register" yang ada di surat tilang, posisinya di sudut kiri bawah dekat barcode.

Langkah 3 : Klik Cari, maka kamu akan melihat detail Perkara Lalu Lintas. Disini kita bisa mengetahui mulai dari siapa yang melanggar, siapa penindaknya, sampai berapa denda tilang yang harus dibayar. Contohnya seperti gambar dibawah ini :

cek denda tilang


Cara Bayar Denda Tilang Online

Pembayaran denda tilang juga bisa dengan mudah dilakukan, jadi kamu tidak selalu harus membayar denda di Kantor Polisi atau Pengadilan. Untuk yang tidak punya waktu dan tidak ingin telat bayar bisa bayar denda tilang dengan cara "Transfer Bank". Tata cara pembayaran tilang online bisa kamu lihat di http://etilang.info/how-to-pay.html

Bagaimana mudah bukan ? Ternyata E - Tilang ini sudah cukup lama diberlakukan, tapi saya baru mengetahuinya sekarang. Menurut saya fitur ini sangat bermanfaat dan lebih transparan, karena bisa dengan mudah cek denda tilang sekaligus bayar denda secara online.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel