Sinyal Full Tapi Internet Lemot Parah ? Inilah Alasannya

sinyal full tapi internet lemot

Sinyal Full Tapi Internet Lemot - Jaringan internet sudah menyebar ke berbagai daerah sampai pelosok di Indonesia, karena memang internet semakin di butuhkan dalam berbagai bidang. Namun internet lemot seringkali jadi permasalan besar, bahkan yang lebih aneh ketika mendapatkan sinyal penuh tapi internet lemot.

Permasalahan seperti itu seringkali didapatkan oleh berbagai pengguna internet dan tentu sangat menganggu. Jaringan 4G saat ini sudah menyebar di Indonesia, bahkan hampir semua operator sudah bisa menggunakan jaringan 4G. Tapi ternyata jaringan 4G ini tidak bisa mengatasi internet lelet.

Kenapa seperti itu ? Berikut saya akan menjelaskan berbagai faktor penyebab internet lemot bahkan ketika sinyal full juga internet masih lemot.

1. Trafik

Perlu kamu ketahui, dalam mengakses internet itu kamu menggunakan jalan supaya bisa terhubung, tidak beda jauh seperti pergi dari tempat A ke tempat B di kehidupan nyata. Namun bedanya jalan yang saya maksud ini tidak terlihat, melainkan dipancarkan dalam bentuk frekuensi sinyal.

BTS lah yang memancarkan sinyal tersebut supaya setiap operator bisa mengakses internet di berbagai jaringan seperti CDMA, 2G, 3G, 4G. Tower BTS biasanya dibangun setinggi mungkin di dataran tinggi juga, hal tersebut supaya sinyal yang dipancarkan bisa menyebar ke berbagai arah dengan mudah tanpa ada pembatas apapun.

Jumlah pengguna sinyal yang dipancarkan tersebut "unlimited" atau tidak dibatasi sama sekali. Oleh sebab itu sekalipun kamu mendapatkan sinyal penuh tapi intenet lemot, karena bisa saja pada saat itu sedang banyak orang yang menggunakan sinyal yang dipancarkan dari BTS sama.

Untuk membandingkannya, coba kamu gunakan internet di saat orang lain tidak menggunakannya, misalnya tengah malam. Pasti kualitas jaringan internet yang kamu dapatkan sangat bagus, karena saat itu jalan yang kamu gunakan tidak macet.

2. Kualitas Jaringan

Kualitas jaringan di Indonesia saat ini rata - rata sudah menggunakan 4G, karena terbukti mampu mempercepat juga membuat internet lebih stabil. Jadi ketika sinyal full tapi internet lemot, coba kamu periksa jaringan yang kamu gunakan, mungkin masih 3G atau bahkan 2G.

Tapi terkadang jaringan 3G lebih cepat dibandingkan jaringan 4G, hal itu ada kaitannya dengan Trafik yang saya bahas di poin pertama. Selain itu sinyal hp hilang timbul juga akan berpengaruh terhadap kualitas internet, karena jelas internet tidak akan stabil

3. Perangkat yang Digunakan

Setiap perangkat (device) tentu mempunyai kualitas yang berbeda meskipun di harga yang sama persis dan jelas hal tersebut juga akan mempengaruhi ke kinerja perangkat itu sendiri, contohnya ke kinerja internet.

Kita bisa membedakan dengan sederhana, misalnya ketika kamu menggunakan Modem A 150Mbps dan Modem B 100Mbps. Jelas kamu akan mendapatkan internet yang lebih berkualitas ketika mengguanakan Modem A.

4. Server Down

Server down bisa saja terjadi karena beberapa alasan, bisa karena memang sedang ada perbaikan (maintenance) atau memang sedang terjadi gangguan. Ketika mengakses internet, secara otomatis kamu juga mengakses server yang kemudian server akan merespon dan memberikan apa yang kamu mau.

Jadi server sangat berperan penting, karena sebagus apapun kualitas jaringan yang digunakan, namun apabila server tidak berkualitas sama saja bohong.

Mungkin kamu juga pernah mengunjungi beberapa situs, yang mana setiap situs bisa dibuka dengan waktu yang berbeda. Nah kecepatan loading setiap situs tersebut ditentukan oleh server yang digunakan.

5. Kebijakan Operator

Perlu kamu ketahui bahwa setiap operator mempunyai kebijakan yang berbeda dalam persoalan kualitas jaringan. Maka tidak heran jika kamu mendapatkan harga yang berbeda setiap operator, karena jelas semakin mahal, semakin berkualitas juga. Sampai ada perkataan "ada harga, ada kualitas".

Artikel Terkait : Cara Mempercepat Internet Indosat di 3G dan 4G

Ada beberapa faktor juga yang membuat adanya perbedaan kecepatan di berbagai operator. Seperti kecepatan internet yang diberikan, misalnya 10Mbps atau lebih. Kemudian kualitas jaringan yang sudah sempurna, teknologi yang digunakan juga tentu sangat berpengaruh.

Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Setelah mengetahui alasan kenapa sinyal penuh tapi internet lemot diatas, dengan mudah kamu bisa mengatasinya dengan menghindari beberapa poin diatas. Saya rekomendasikan untuk menggunakan operator yang memang sudah berkualitas, dan jangan selalu ingin yang murah apabila memang ingin hasil yang lebih berkualitas. Atau kamu bisa menggunakan WiFi, misalnya berlangganan IndiHome. Karena jaringan wifi jelas lebih cepat dan stabil dibandingkan kartu sim.

Mungkin itulah pembahasan mengenai Sinyal Full Tapi Internet Lemot yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bantu share ke teman kalian supaya saya lebih semangat membuat artikel lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel