Cara Ampuh Memperkecil Ukuran PDF Menjadi 200KB di PC & Android

Sering kali orang mencari cara memperkecil ukuran file PDF menjadi 200KB bahkan lebih kecil lagi. Terutama untuk kepentingan kerja, pendaftaran kuliah, bisnis, yang biasanya melaporkan dokumen berformat PDF berukuran 200KB atau lebih kecil lagi.

Tidak heran kalau PDF sering kali digunakan dalam dunia kerja, karena memang dokumen berformat PDF ini sangatlah fleksibel. Dalam artian file PDF bisa dibuka dengan berbagai software seperti Adobe Reader dan software pesaing lainnya, bahkan dengan browser seperti Mozilla Firefox juga bisa..

Namun yang sering jadi permasalahan itu file PDF yang sangat besar, puluhan bahkan sampai ratusan MB. Untuk kepentingan kerja tentu ukuran file PDF yang besar seperti itu akan ditolak, karena memerlukan waktu yang lama untuk mengunduh juga penerima membutuhkan penyimpanan yang lumayan besar.

Biasanya file PDF yang berukuran besar seperti itu berasal dari dokumen hasil scan, baik teks maupun gambar. Namun kamu jangan dulu menghapus file tersebut, karena sebernarnya kamu bisa memperkecil ukuran file PDF menjadi 200KB dengan bantuan aplikasi kompres file PDF.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Menjadi 200KB

cara memperkecil ukuran file pdf offline

Nah di artikel ini saya akan memberikan kamu solusi untuk memperkecil ukuran PDF menjadi 200KB atau bahkan lebih kecil lagi yang bisa kamu lakukan di PC dan Android, baik offline juga online.

Tapi yang perlu kamu perhatikan ketika memperkecil ukuran file PDF itu secara otomatis kualitasnya juga akan berkurang. Dan hasil akhir dari file tersebut bisa sangat kecil atau mungkin tidak bisa, semua itu tergantung isi dari file PDF tersebut.

Oke, mari lanjut ke pembahasan utama...

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Offline

Apabila kamu ingin memperkecil ukuran PDF secara offline, tentu kamu harus mendownload dulu aplikasi bersangkutan. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan, salah satu yang saya rekomendasikan adalah http://www.freepdfcompressor.com/.

Kamu bisa mendownload aplikasi official secara gratis dari link diatas dan mohon jangan diperjualbelikan.

Berikut langkah - langkah menggunakan aplikasi tersebut :

Langkah 1 : Install seperti biasa aplikasi tersebut

Langkah 2 : Buka aplikasi Free PDF Compressor

Langkah 3 : Klik "Browse" dan cari file PDF yang ingin dikompres

Langkah 4 : Tentukan destinasi penyimpanan hasil akhir dengan memilih "Save As"

Langkah 5 : Ada 5 settings yang bisa kamu pilih, dari resolusi tinggi sampai resolusi rendah. Silahkan kamu pilih sesuai keinginan. Semakin rendah resolusi, maka semakin besar juga kualitas file yang dikurangi. Tapi meskipun kamu menggunakan settingan paling rendah juga masih jelas dibaca kok, jadi tenang saja...

Langkah 6 : Klik "Compress" untuk memulai memperkecil ukuran PDF menjadi 200KB

Langkah 7 : Tunggu sampai tahap compressing benar - benar selesai.

Free PDF Compressor adalah aplikasi yang hanya bisa diinstal di PC (Windows). Namun bagi kamu yang menggunakan Android, kamu bisa mendownload aplikasi Compress PDF - PDF Compress di Google Play Store secara gratis juga.

Untuk langkah penggunaan aplikasinya tidak besa jauh dengan langkah - langkah diatas.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online

Bagi kamu yang suka online dan tidak ingin ribet install ini itu, kamu juga bisa memperkecil ukuran file PDF secara online. Salah satunya dengan menggunakan https://pdfcompressor.com/id/.

Dimana web tersebut memiliki fitur untuk memperkecil ukuran PDF menjadi 200KB bahkan lebih  kecil lagi.


Langkah 2 : Klik "Unggah File" dan pilih file pdf yang ingin dikompres. PDF secara otomatis akan diperkecil dan ditandai dengan muncul tombol download apabila memang compressing sudah selesai.

Langkah 3: Klik "Download"

Mungkin itulah Cara Memperkecil Ukuran File PDF yang bisa saya bagikan. Ketika kamu ingin memperkecil ukuran PDF menjadi 200KB, yang mana file tersebut merupakan dokumen penting atau bersifat rahasia. Saya sarankan untuk menggunakan cara offline, karena lebih aman sekalipun kamu harus mendownload dan menginstall aplikasi terlebih dahulu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel