Penyebab dan Solusi Hp di Cas Tapi Tidak Mengisi

hp dicas tapi tidak mengisi

Namanya juga barang elektronik pasti tidak luput dari kerusakan, seperti halnya pada handphone yang beberapa orang sering mengalami hp di cas tapi tidak mengisi sama sekali atau bahkan yang lebih parah lagi ketika hp di cas tapi baterai malah berkurang.

Permasalahan pada baterai memang sering dijumpai oleh sebagian besar pengguna hp. Baterai merupakan komponen yang sangat penting, karena bertugas untuk memberikan tenaga listrik (power) untuk menghidupi komponen - komponen lainnya sehingga hp bisa menyala dengan baik. Layaknya kendaraan tanpa bahan bakar, peran baterai tentu sangat penting. Karena apabila ada kerusakan sekecil apapun bisa menghambat ke komponen yang lainnya.

Saat ini kapasitas baterai hp sudah semakin besar, minimal 2000mAh. Semakin besar kapasitas baterai tentu semakin lama juga kemungkinan hp bisa menyala. Tapi kapastitas tersebut jangan dijadikan patokan sebagai keawetan (durabillity), karena keawetan atau ketahan lamaan baterai semua tergantung dari pemakaian.

Tidak sedikit pengguna hp mengalami kerusakan baterai secara terus menerus, misalnya baterai tidak bisa di cas. Permasalahn tersebut tentu timbul dari cara pemakaian yang kurang baik sehingga menimbulkan efek samping terhadap kondisi baterai.

Nah baterai hp yang di cas tapi tidak mengisi juga sebenarnya tidak jauh dari cara pemakaian. Namun jangan terlebih dahulu berasumsi bahwa itu adalah kerusakan pada baterai, ada baiknya kamu memahami beberapa faktor yang bisa menyebabkan hp di cas tidak mengisi.

Penyebab Hp di Cas Tapi Tidak Mengisi

1. Hardware

Sebab yang pertama bisa terjadi karena adanya kerusakan pada hardware tertentu yang ada kaitannya dengan pengisian baterai. Misalnya charger yang digunakan sudah tidak berjalan dengan baik atau mungkin sudah rusak.

Selain itu bisa juga terjadi karena port charger yang juga sudah idak berjalan dengan baik. Di Android sendiri port charger nya berbentuk port usb yang biasanya terletak dibagian bawah hp.

2. Software

Software atau perangkat lunak juga bisa menjadi penyebab hp di cas tapi tidak mengisi atau bertambah. Ada beberapa point yang harus kamu perhatikan, diantaranya :

  • Banyak aplikasi error yang membuat kinerja hp tidak berjalan dengan lancar
  • Kemungkinan terdapat virus dan bisa jadi terus merambat
  • Firmware yang masih mempunyai bug (kerusakan) pada bagian charging
  • Beberapa aplikasi pihak ketiga yang berasal bukan dari Google Play. Dimana biasanya aplikasi seperti itu bisa saja berbahaya dan sengaja dibuat supaya bisa mnguras banyak baterai, maka tidak heran apabila hp di cas malah berkurang.

Itulah beberapa penyebab umum yang dapat merusak baterai. Semua point diatas tentu akan terjadi apabila kamu salah dalam mengoperasikan hp atau mengoperasikan seenaknya saja.

Solusi untuk mangatasi permasalahan ini sebenarnya sangat simple yaitu perbaiki cara penggunaan hp. Namun apabila sudah terlanjur terjadi, kamu bisa menggunakan beberapa cara mengatasi dibawah ini.

Cara Atasi Hp di Cas Lama Penuh

hp dicas tapi tidak mengisi

1. Gunakan Charger yang Berkualitas

Periksa kaulitas charger yang kamu gunakan dan usahakan untuk menggunakan charger orisinil. Karena apabila menggunakan charger lain, apalagi beda merk hp bisa saja arus yang keluar tidak cocok dengan arus yang dibutuhkan.

Selain itu periksa juga kabel yang digunakan, kabel yang berkualitas akan memberikan arus yang stabil. Berbeda dengan kabel abal - abal yang malah bisa merusak baterai. Jadi sangat dianjurkan untuk menggunakan charger yang benar - benar cocok supaya baterai hp awet kembali.

2. Scan Virus Secara Berkala

Jangan remehkan virus di Android kamu, sekecil apapun apabila dibiarkan begitu saja mereka bisa merambat dan berjumlah sangat banyak. Virus biasanya masuk dari situs internet yang kurang aman atau dari transfer file dengan hp lain yang memiliki virus.

Maka dari itu, saya sarankan untuk melakukan scanning secara berkala. Ada beberapa antivirus berkualitas di Android yang bisa kamu gunakan secara gratis tapi mampu mengusir berbagai jenis virus terbaru.

3. Update Firmware ke Versi Terbaru

Firmware atau OS (Operasi Sistem) simplenya merupakan rumah yang digunakan untuk melakukan berbagai hal, contohnya seperti Android OS 9 (Pie). Setiap versi dari OS tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, baik itu dari segi penampilan sampai kinerja.

Ketika hp di cas lama penuh bisa saja disebabkan kareba bug (kesalahan) pada versi firmware yang kamu gunakan saat itu. Permasalahan ini bisa dengan mudah kamu atasi dengan melakukan update ke firmware terbaru, karena di versi terbaru tentu developer akan memperbaiki bug yang berada di versi sebelumnya.

Untuk melakukan update firmware, biasanya kamu bisa mengaksesnya dengan cara masuk ke Pengaturan > Tentang (About) > Pembaruan Sistem. Tapi ingat ketika proses update berlangsung, jangan pernah mematikan hp. Karena hal tersebut bisa mengagalkan proses yang sedang berlangsung dan bahkan bisa menjadi bootloop.

Penutup

Untuk mencegah masalah hp di cas malah berkurang, kamu bisa menggunakan fitur seperti Battery Saver yang biasanya sudah tersedia di Android saat ini. Fitur tersebut akan melakukan berbagai hal dan memberikan saran kepada kamu supaya kesehatan baterai tetap terjaga.

Jadi itulah beberapa Penyebab dan Solusi Hp di Cas Tapi Tidak Mengisi yang bisa kamu aplikasikan mulai dari saat ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Solusi Hp di Cas Tapi Tidak Mengisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel