Tata Cara Belanja Online Supaya Aman atau Tidak Ditipu

Belanja online kini adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh berbagai kalangan, karena memang lebih efisien dan murah dibandingkan belanja langsung ke toko offline. Bahkan sampai beli kado kenangan juga lewat online. Namun masih ada beberapa orang yang beranggapan bahwa belanja online itu "tidak aman" seperti halnya penipuan ketika uang masuk tapi barang tidak diterima atau tidak sesuai dengan yang dipesan.

Tapi sebenarnya semua pemikiran tersebut akan benar - benar hilang apabila kamu tahu Tata Cara Belanja Online. Jadi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu akan membeli barang secara online, baik itu situs jual beli atau di sosial media, berikut penjelasannya.

Tata Cara Belanja Online Supaya Tidak Kena Tipu

1. Berbelanja di situs terpercaya

Tata Cara Belanja Online

Saat ini banyak sekali e-commerce atau situs jual beli yang bisa kamu gunakan dengan kekurangan dan kelebihannya masing - masing, tentunya. Misalnya Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya.

Usahakan untuk belanja online di situs - situs besar seperti itu. Karena mereka pasti akan memberikan layanan yang terbaik kepada semua penggunanya demi menjaga nama baik mereka juga. Seperti halnya kamu bisa komplain produk apabila barang yang dibeli tidak sesuai atau ada lecet, kamu juga bahkan bisa refund (mengembalikan barang) kepada penjual apabila barang yang diterima sangat tidak memuaskan.

2. Perhatikan rating toko

Dalam setiap situs e-commerce besar seperti Tokopedia, tentu setiap orang berhak atau bisa membuka toko online dan mendapatkan keuntungan dari apa yang telah dijual. Nah tata cara belanja online selanjutnya yaitu kamu perhatikan rating atau prestasi yang telah diraih oleh toko yang menjual barang yang ingin kamu beli.

Setiap toko biasanya akan mempunyai rating yang berbeda, dimana tinggi rendahnya rating tersebut tergantung dari jumlah transaksi yang sukses, respon terhadap penjual yang cepat, sampai ulasan positif dari pembeli terhadap toko tersebut.

Jadi usahakan untuk selalu membeli barang dari toko yang benar - benar sudah terpercaya supaya terhindari dari penipuan yang tidak diinginkan.

3. Perhatikan ulasan barang

Setiap produk pasti akan terdapat ulasan positif apabila memang produk tersebut sampai dengan aman dan bekerja dengan baik atau sesuai dengan apa yang ada di gambar dan deskripsi. Ulasan barang juga harus kamu jadikan patokan bahwa toko tersebut benar - benar bukan penipu.

Perlu kamu ketahui bahwa orang yang bisa memberi ulasan terhadap suatu produk adalah orang yang memang sudah membeli barang tersebut. Jadi apabila orang belum pernah membeli otomatis dia tidak bisa memberikan ulasan.

Maka dari itu, memperhatikan ulasan adalah hal yang sangat penting ketika berbelanja online. Terkecuali kamu membeli barang di sosial media yang jelas semua orang (selain pembeli) juga bisa memberikan ulasan secara bebas. Kamu harus sedikit jeli atau kepoin orang yang memberi ulasan tersebut, pastikan bahwa akun tersebut asli.

4. Perhatikan rating produk
Selain rating toko, setiap produk yang dijual juga memiliki rating yang berbeda. Semakin banyak barang dijual dan pembeli puas maka rating semakin baik, begitu juga sebaliknya.

Rating produk akan kamu temukan apabila kamu mulai mencari barang yang ingin kamu beli. Nah memperhatikan rating produk dan membeli produk dengan rating yang benar - benar tinggi adalah tata cara belanja online yang harus kamu terapkan mulai dari sekarang.

5. Perhatikan deskripsi produk

Selanjutnya kamu juga harus memperhatikan deskripsi produk dan membandingkan dengan penjelasan lain di google supaya tidak ditipu saat belanja online. Biasanya toko yang memang sudah professional akan memberika deskripsi dengan jelas bahkan tidak asal copy paste dari sumber lain.

Jangan sampai kamu membeli barang yang tidak ada deskripsi sama sekali. Karena deskripsi barang tentu sangat bermanfaat sebagai informasi mengenai barang tersebut.

6. Selalu gunakan Rekber

Tata Cara Belanja Online

Tata cara belanja online yang paling penting dan wajib kamu ketahui adalah sistem pembayaran saat melakukan transaksi. Dimana terdapat dua sistem yang sering digunakan, yaitu Direct dan Rekber. Saya sarankan untuk selalu menggunakan sistem rekber. Tapi sebelum kesana, saya akan menjelaskan perbedaan dari kedua sistem tersebut.

Kedua sistem tersebut sama - sama merupakan proses pembayaran yang biasa dilakukan oleh penjual dan pembeli secara online. Namun yang membedakan adalah jalan yang dilewatinya, dimana dengan Direct pembeli membayar terlebih dahulu kepada penjual kemudian barang dikirim.

Sedangkan Rekber, pembeli membayar kepada pihak ketiga yang bertugas sebagai tempat penitipan uang, kemudian penjual mengirim barang kepada pembeli dan apabila barang tersebut sudah sampai dan sesuai (tidak ada kekurangan) maka pembeli mengonfirmasi kepada pihak ketiga tadi untuk meneruskan uang kepada penjual.

Dengan begitu tentu rekber sangat dianjurkan karena uang tidak langsung kepada pembeli, melainkan di simpan di pihak ketiga dulu. Dan apabila bila barang tidak sesuai maka, lebih mudah untuk dikomplainkan.

Rata - rata situs e-commerce besar seperti beberapa yang sudah saya sebutkan diatas semua sudah menggunakan sistem "rekber" dalam metode pembayarannya, maka kamu jangan khawatir kena tipu, terlebih sudah memahami beberapa poin penting diatas.

Namun apabila kamu melakukan transaksi di sosial media, tata cara belanja online yang aman tetap menggunakan rekber. Kamu bisa menggunakan jasa rekber terpercaya, salah satunya rekber Tri Hariyanto yang cukup terkenal dan terpercaya. Akan tetapi, kamu memerlukan biaya tambahan untuk jasa si rekber itu sendiri. Tapi tidak besar kok daripada kena tipu.

Jadi itulah beberapa Tata Cara Belanja Online Supaya Aman dan tidak kena tipu yang harus kamu ketahui. Hilangkan kepercayaan buruk tentang belanja online, karena banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan apabila sudah terbiasa belanja online. Selain membeli barang dengan mudah, kamu juga bisa membayar tagihan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tata Cara Belanja Online Supaya Aman atau Tidak Ditipu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel