Apakah Menangis Membatalkan Puasa ? Inilah Penjelasan Dari Berbagai Sumber

apakah menangis membatalkan puasa

Apakah menangis membatalkan puasa ? Pertanyaan tersebut seringkali terdengar dan tentu muncul pendapat yang menyatakan bahwa menangis dapat membatalkan puasa juga sebaliknya. Untuk mengetahui jawaban sebenarnya silahkan baca artikel ini sampai akhir.

Menangis adalah sifat manusiawi yang pasti ada di semua orang, meskipun dia adalah seorang jagoan tapi pasti suatu saat orang tersebut akan menangis. Perlu kamu ketahui bahwa menangis tidak selalu menandakan bahwa seseorang sedang sedih. Karena faktanya orang yang berbahagia misalnya mendapatkan hadiah atau bisa mencapai kesuksesan setelah melewati berbagai rintangan bisa saja orang tersebut menangis, dalam artian menangis karena terharu atau bangga.

Saat anak kecil nangis atau mungkin kamu ingat ketika kecil dan menangis, dan saat itu orang tua bilang "Jangan menangis, nantinya puasanya batal". Lantas apakah itu benar ? Sebenarnya itu hanyalah rayuan orang tua kepada anaknya supaya anaknya tidak terus - terusan menangis.

Selain itu, mari kita ingat kembali segala hal yang dapat membatalkan puasa. Dimana Rasulullah SAW mengatakan bahwa yang dapat membatalkan puasa diantaranya :

  1. Makan di siang hari dengan sengaja
  2. Minum di siang hari dengan sengaja
  3. Berhubungan suami istri di siang hari dengan sengaja
Rasulullah SAW adalah nabi kita dan jelas apabila kita mengikuti apa yang dia katakan dan dia lakukan, kita selaku umatnya akan mendapatkan pahala.

Lantas apakah menangis dapat membatalkan puasa ?

Menangis tidak membatalkan puasa selama air mata yang keluar tidak ditelan dengan sengaja. Karena seperti apa yang telah saya sebutkan diatas bahwa minum di siang hari dengan disengaja dapat membatalkan puasa. Jadi apabila air mata masuk ke mulut dan dengan sengaja kita menelannya, otomatis puasa kita akan batal.

Jadi jelas apabila disengaja baru bisa disebut dapat membatalkan puasa. Jangankan air mata, makan dan minum tidak jadi masalah selama kita lupa atau tidak disengaja, dalam catatan kita harus segera mengakhiri dan meminta ampunan kepada Allah SWT ketika kita sadar bahwa sudah melakukan hal tersebut.

Ada sebuah hadist yang menjelaskan bahwa Abu Bakar As Shidiq juga pernah menangis, yaitu sebagai berikut :

Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha ketika Nabi Muhammad SAW berkata “Mereka melalui Abu Bakar yang sedang shalat bersama dengan yang lainnya.” Aisyah menuturkan, Saya pun berkata kepada Rasulullah SAW. “Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Bakar adalah seorang laki laki yang lembut hatinya, apabila telah membaca Al - Quran beliau tidak mampu menahan cucuran air mata dari keduanya.” (HR Muslim)

Dari hadist tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa Abu Bakar adalah sosok yang lembut hatinya, dimana beliau suka menangis ketika membaca Al - Quran. Dan bisa saja beliau pernah menangis ketika shalat atau membaca Al - Quran di bulan puasa.

Selain itu, KH. Maman Imanul Hag selaku Ketua Lembaga Dakwah PBNU mengatakan :

"Menangis tidak membatalkan puasa karena menangis adalah sesuatu yang khas dalam diri manusia. Jangkan saat duka bahkan saat bahagia kita pun mengucurkan air mata."

Apakah menangis dapat mengurangi pahala puasa ?

Tapi suka ada juga pendapat bahwa menangis dapat mengurangi pahal puasa bahkan puasa kita hanya untuk menahan lapar dan haus tanpa mendapatkan pahala apapun.

Berbicara masalah pahala saya rasa semua tidak ada yang tahu dan jelas semuanya ada di tangan Allah SWT. Orang yang tidak menangis tapi dia membicarakan aib orang lain, menebar kebencian bisa saja dia yang tidak akan mendapatkan pahala.

Selain itu, menangis juga tentu ada sebabnya. Ada orang yang menangis karena bahagia, sedih ketika sadar bahwa yang dia lakukan adalah dosa. Tapi ada juga yang menangis berlebihan seperti patah hati sampai dia membantingkan barang - barang di rumah. Jadi menurut kalian menangis mana yang dapat membatalkan puasa ? Silahkan berkomentar dibawah.

Kesimpulan

Jadi dapat kita simpulkan bahwa menangis tidak membatalkan puasa selama dia tidak menelan air mata dengan sengaja. Maka alangkah baiknya ketika kita menangis segara hentikan air mata yang mengucur sebelum masuk ke mulut.

Mungkin itulah jawaban atas pertanyaan "apakah menangis membatalkan puasa ?". Smeoga artikel ini bermanfaat dan semoga puasa kita diberhaki oleh Allah SWT.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apakah Menangis Membatalkan Puasa ? Inilah Penjelasan Dari Berbagai Sumber"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel