Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa? - Ramadhan 2019

apakah menelan ludah membatalkan puasa ?

Apakah menelan ludah membatalkan puasa ? - Di artikel ini kita akan membahas masalah tersebut, dimana biasanya muncul beberapa pendapat yang mungkin terasa kurang dapat meyakinkan. Untuk mendapatkan jawabannya, mari baca artikel ini sampai akhir.

Sebelumnya ludah atau air liur di ciptakan oleh Allah SWT itu bukan semena - mena air, melainkan ada manfaat bagi kesehatan tubuh. Dari berbagai sumber menjelaskan bahwa ludah mampu menyembuhkan luka, bermanfaat untuk sistem pencernaan, bahkan sebagai anti bakteri alami.

Oleh karena itu aktivitas menelan ludah sudah lumrah, dalam artian susah untuk mengontrolnya. Terlebih lagi aktivitas menelan ludah sering kali dilakukan oleh setiap orangnya dan masa setiap ludah harus kita lepehkan dimanapun kita berada.

Tapi agama Islam diturunkan Allah SWT untuk tidak memberatkan manusia, seperti apa yang dijelaskan oleh imam An-Nawawi sebagai kesepatan ulama :

ابتلاع الريق لا يفطر بالإجماع

Menelan air ludah tidak membatalkan puasa secara ijma’

Dari kesepatan para ulama (ijma') diatas kita sudah tahu bahwa menelan ludah tidak membatalkan puasa, baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Namun kita harus memperhatikan tiga syarat dibawha ini :

1. Ludah atau air liur harus murni. Artinya tidak boleh ada benda atau hal lainnya yang dapat merubah ludah tersebut. Misalnya warna ludah berubah menjadi merah karena tercampur dengan darah yang keluar dari gigi atau bagian mulut lainnya. Apabila terjadi seperti itu, jelas ludah dapat membatalkan puasa karena sudah tidak murni lagi.

2. Air liur yang tidak membatalkan puasa adalah air liur yang masih berasal dari dalam tubuh kita. Artinya apabila air liur sudah diluar tubuh, misalnya yang terdapat di bagian bibir kemudian kita menelannya kembali maka itu dapat membatalkan puasa.

3. Menelan ludah secara wajar, dalam artian tidak mengumpulkan ludah sebanyak mungkin kemudian melenannya. Namun untuk point ini ada dua pendapat, yaitu membatalkan dan tidak membatalkan. Tapi alangkah baiknya kita hindari aktivitas seperti itu.

Jadi kesimpulannya menelan ludah tidak membatalkan puasa, dalam catatan kita harus menghindari kesengajaan mengumpulkan ludah kemudian menelannya dan ludah yang sudah berada di bibir wajib kita lepehkan karena sudah berada di luar tubuh.

Itulah jawaban atas pertanyaan "apakah menelan ludah membatalkan puasa ?" Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan berkomentar untuk menjalin persaudaraan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa? - Ramadhan 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel