Doa Berbuka Puasa dan Artinya Lengkap Latin dan Arab - Ramadhan 2019

doa berbuka puasa dan artinya

Bacaan doa berbuka puasa dan artinya sudah selayaknya hafal diluar kepala bagi semua umat muslim. Karena doa tersebut pastinya akan kita bacakan ketika waktu berbuka puasa tiba. Dimana kita berbuka puasa ketika matahari tenggelam atau lebih sederhananya ketika adzan maghrib dikumandangkan.

Walaupun seharusnya sudah hafal di luar kepala, tapi untuk mengingat kembali di artikel ini saya akan memberikan bacaan doa berbuka puasa dan artinya lengkap dengan tulisan arab juga latin yang saya harap akan sangat bermanfaat demi mendapatkan pahala sempurna ketika melaksanaan ibadah puasa Ramadhan.

Akan tetapi sebelum kesana, kita harus memahami terlebih dahulu kegunaan dari doa itu sendiri. Doa berfungsi sebagai alat komunikasi antara Allah SWT dengan makhluknya, yaitu kita sebagai manusia. Dengan berdoa manusia berharap untuk dimudahkan, dilancarkan, diberkahi, meningkatkan keimanan, dijauhkan dari segala cobaan, menjernihkan hati, menghilangkan rasa gugup dan masih banyak sekali. Maka dari itu, sebelum memulai apapun selayaknya kita harus berdoa. Membaca bacaan Basmallah juga termasuk berdoa.

Berikut Doa Berbuka Puasa dan Artinya


اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya : "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Bacaan doa berpuasa diatas adalah yang paling familiar dibacakan oleh Mulim Indonesia, untuk negara lainnya saya kurang tahu. Dan saya sendiri membacakan doa tersebut karena memang itulah yang diajarkan oleh orang tua juga guru ngaji.

Namun selain bacaan tersebut ternyata ada satu doa berbuka puasa lagi yang katanya sering menjadi perdebatan lebih baik yang mana. Berikut doa nya :

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahaba-dz Dzoma’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah.

Artinya : "Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah."

Manakah Doa Berbuaka Puasa yang Benar ?

Kedua doa diatas seringkali diperdebatkan untuk mendapatkan doa yang paling shahih. Perdebatan tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia melainkan di negara lain juga. Akan tetapi perdebatan seperti ini jangan dijadikan fanatik, karena seperti apa yang saya jelaskan mengenai kegunaan doa diatas. Melainkan yang paling penting adalah kesungguhan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Di Indonesia sendiri lebih familiar dengan doa berbuka puasa dan artinya yang pertama, karena bacaan tersebut adalah bacaan yang telah dikaji oleh ahli hadits dan tentu akan dianjurkan kepada masyarakat.

Tapi pemikiran manusia tentu berbeda, beberapa orang mengkritik bahwa doa tersebut kurang shahih bahkan ada yang menyebutnya dhaih (bersumber dari hadits yang lemah). Mereka berpendapat bahwa bacaan tersebut diambil dari riwayat Abu Daun yang mursal, dimana mursal itu sendiri termasuk hadits dhaih karena sanad yang terputus.

Sedangkan bacaan yang kedua diambil dari kebiasaan Rasulullah SAW ketika berbuka puasa, seperti halnya yang sudah dijelaskan oleh Ibnu Umar radhiallahu 'anhuma :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ:  ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Artinya : "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahaba-dz Dzama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah” (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani)."

Penutup

Lantas doa berbuka puasa dan artinya manakah yang paling benar ? Kedua doa tersebut benar, meskipun ada pendapat bahwa bacaan pertama kurang shahih bahkan dhaih. Tapi kalau seperti itu kenapa ahli hadits menyarankan bacaan tersebut dan kenapa sampai sekarang bacaan tersebut terus dipakai.

Artikel Menarik : Menu Sahur Praktis Untuk Sebulan

Perbedaan ini jangan kita jadikan sebagai ejekan atau bahkan memunculkan sifat fanatik. Dan daripada memperdebatkan itu lebih baik kita menjalankan ibadah puasa dengan sungguh - sungguh. Semoga di bulan Ramadhan 2019 ini kita bisa mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

Referensi :

#https://www.merdeka.com/gaya/doa-berbuka-puasa-kln.html
#https://www.blogkhususdoa.com/2015/05/doa-berbuka-puasa-ramadhan-yang-benar-lengkap-arab-latiin-dan-artinya.html
#https://islamiwiki.blogspot.com/2013/04/tujuan-utama-dalam-berdoa.html#.XK1jG1UzbIU

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Doa Berbuka Puasa dan Artinya Lengkap Latin dan Arab - Ramadhan 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel