Amalan Malam Lailatul Qadar yang Harus Kita Lakukan

amalan malam lailatul qadar

Malam lailatul qadar atau malam yang lebih baik daripada seribu bulan adalah malam yang penuh dengan keistimewaan. Allah SWT mengirim malaikat sebanyak - banyaknya untuk memberikan pahala kepada orang yang beribadah atau melakukan beberapa amalan pada malam lailatul qadar tersebut.

Namun tidak ada yang tahu kapan malam lailatul qadar terjadi, melainkan sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Maka dari itu kita harus melakukan beberapa amalan supaya kita bisa mendapatkan malam lailatul qadar dengan keistimewaan.

Lantas amalan apa saja yang harus kita lakukan ketika mendapatkan malam lailatul qadar ? Berikut beberapa amalan yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW.

1. Memperbanyak doa

Amalan pertama yang dianjurkan oleh Rasul kepada istrinya Aisyah yaitu membaca doa malam lailatul qadar sebanyak - banyaknya, yaitu :
"Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni" (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).

Doa tersebut adalah amalan yang cukup mujarab untuk mendapatkan keistimewaan di malam tersebut dan sangat dianjurkan untuk berdoa sebanyak - banyaknya. Tidak hanya di malam hari, kita juga tidak salah apabila melakukannya di siang hari juga.

2. Meminta ampunan (Taubat)

"Manusia tidak ada yang sempurna", makna dari kalimat tersebut setiap manusia pasti mempunyai kesalahan atau dosa baik disengaja maupun tidak disengaja. Dan malam lailatul qadar yang penuh dengan keistimewaan adalah momen yang sangat tepat untuk memperbanyak taubat kepada Allah SWT.

3. Bersungguh - sungguh dalam beribadah

Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam selalu bersungguh - sungguh dan menghidupkan malamnya dengan beribadah, seperti salat malam, berdoa, dzikir, membaca Al - Qur'an. Tepat ketika memasuki sepuluh hari terakhir beliau suka membangunkan keluarganya, mengajak mereka melakukan banyak amalan pada malam lailatul qadar tersebut.

Penutup

Jadi itulah beberapa amalan malam lailatul qadar yang biasa Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam  lakukan dan sunah apabila kita (umatnya) mengikutinya. Karena tidak ada yang tahu pasti kapan malam tersebut terjadi, jadi alangkah baiknya kita mulai bersungguh - sungguh ibadah ketika memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Perbanyak membaca doa "Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni", karena doa itu adalah yang dianjurkan Rasul kepada istri tercintanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Amalan Malam Lailatul Qadar yang Harus Kita Lakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel