Cara Menyambungkan WiFi ke Komputer di Semua Windows

Lahirnya komputer tidak ada wifi, dalam artian tidak semua komputer bisa mendeteksi wifi. Hal itu karena tidak semua komputer memiliki adapter wifi, maka tidak heran apabila cara menyambungkan wifi ke komputer itu tidak semudah di mengaktifkan wifi di laptop.

Biasanya pengguna lebih suka menyambungkan komputer ke internet dengan kabel atau menggunakan modem. Namun itu bukan berarti bahwa wifi benar - benar tidak bisa menyambung ke komputer. Ada cara menyambungkan wifi ke komputer tanpa kabel, tapi memang tidak semudah di laptop.

Tidak mudah disini bukan berarti memiliki cara mengaktifkan yang berbeda, tapi butuh alat tambahan berupa WiFi Receiver supaya komputer bisa mendeteksi wifi. Berbeda dengan laptop, alat tersebut tidak semua ada pas awal beli, dalam artian bawaan pabrik. Melainkan kita harus membeli alat tersebut dan memasangnya dengan sendiri.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi sesuai dengan pengalaman agar bisa menyambungkan wifi ke komputer di semua versi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Menyambungkan WiFi ke Komputer dengan Alat Tambahan

Tapi sebelum kesana, terlebih dulu kamu harus mempunyai alat tambahan karena komputer tidak ada wifi, alat yang saya maksud yaitu adapter wifi. Sederhanya adapter tersebut berguna untuk mendeteksi keberadaan wifi dan otomatis komputer bisa menyambungkan ke jaringan internet wifi tersebut.

Memang ada beberapa motherboard yang sudah include wifi, tapi itu jarang sekali. Kebanyakan motherboard yang digunakan hanya menyediakan slot wifi saja. Maka dari itu berikut beberapa adapter wifi yang bisa kamu gunakan untuk menyambungkan wifi ke komputer :

1. M.2 WiFi Card

cara menyambungkan wifi ke komputer tanpa kabel

Jenis M.2 ini berukuran yang paling kecil dan sama seperti adapter wifi yang ada di laptop pada umumnya. Menggunakan adapter ini memang kelihatan lebih estetik karena bentuknya yang simple dan menempel di motherboard membuat adapter ini tidak kelihatan.

Namun tidak semua motherboard menyediakan slot M.2 Wireless. Jadi harap cek dulu apabila tertarik atau ingin menggunakan adapter ini untuk menyambungkan wifi di komputer. Selain itu, harga dari adapter wifi jenis ini juga lumayan mahal yaitu dengan rata - rata harga Rp. 300.000.

2. Wireless PCI-E Network

cara menyambungkan wifi ke komputer

Adapter selanjutnya yang bisa kamu pakai untuk menghubungkan wifi ke komputer yaitu menggunakan Wireless PCI Network. Dimana adapter ini juga masih menempel di motherboard tapi lebih menonjol kalau dibandingkan dengan M.2 WiFi.

Nantinya alat ini ditempelkan di slot pci-e yang berada dibagian bawah slot pci untuk vga. Alat ini juga biasanya dilengkapi dengan antena yang berfungsi untuk menangkap sinyal wifi, dimana semakin tinggi kemampuan kecepatan adapter yang digunakan semakin banyak juga antena yang tersedia.

Saya sendiri menggunakan adapter ini untuk menyambungkan wifi ke komputer karena selain harga yang cukup murah juga tidak terlalu kelihatan menonjol karena masih di dalam casing komputer.

3. USB Wireless

menyambungkan wifi ke komputer

Pilihan alat terakhir yang bisa kamu gunakan yaitu USB Wireless yang mana jelas nantinya akan dicolokkan ke slot usb dan berbentuk hampir seperti Flashdisk akan tetapi diberi antena untuk menangkap sinyal wifi.

Kelebihan adapter ini lebih portable karena bisa dicabut dan digunakan di perangkat yang berbeda untuk menyambungkan ke wifi. Akan tetapi dengan kelebihan tersebut tidak sedikit orang yang lupa menyimpan adapter dan akhirnya hilang.

Lebih bagus yang mana untuk menyambungkan wifi ke komputer ?

Dari ketiga opsi atau pilihan adapter diatas, saya lebih memiliki Wireless PCI-E Network karena lebih simple dan menempel di motherboard. Selain itu harga dari adapter itu juga hanya kisaran Rp. 100.000 untuk kecepatan 150Mbps.

Tapi setiap orang tentu mempunyai keinginan dan segi ekonomi yang berbeda. Jadi silahkan riset kelebihan, kekurangan, dan harga dari setiap adapter diatas. Kemudian pilih adapter yang paling cocok dengan kebutuhan kamu untuk menghubungkan wifi ke komputer.

Cara Menyambungkan WiFi ke Komputer

Apabila sudah memilih dan memiliki adapter wifi yang siap digunakan, selanjutnya kamu install driver yang biasanya ada di dalam dus alat itu sendiri. Atau kamu juga bisa download di internet dengan mencantumkan seri adapter wifi yang digunakan.

Intinya jangan lupa install driver karena itu adalah hal yang penting dan bisa menyebabkan wifi tidak terdeteksi apabila driver tidak terinstall atau tidak cocok. Kemudian ikuti beberapa langkah dibawah ini :

Langkah 1 : Klik icon network yang ada di taksbar

Langkah 2 : Pastikan bahwa "Airplane Mode" dalam keadaan mati dan aktifkan "Wi-Fi Mode" dengan mengklik bagian tersebut hingga berwarna

Langkah 3 : Tunggu beberapa saat sampai nama wifi yang akan disambungkan terlihat dan klik "Connect" untuk mulai menghubungkan wifi ke komputer (lihat gambar dibawah ini).

cara menghubungkan wifi di komputer

Cara diatas adalah cara sederhana yang bisa dilakukan di Windows 10. Untuk menyambungkan wifi ke komputer di versi Windows sebelumnya silahkan cara tutorial lengkapnya di : Cara Mengaktifkan WiFi: Windows 7, Windows 8, Windows 10

Penutup

Cukup sekian untuk artikel kali ini dan semoga artikel cara menyambungkan wifi ke komputer tanpa kabel diatas bisa bermanfaat. Jangan lupa tulis email dikolom bagian bawah supaya tidak ketinggalan update artikel terbaru.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyambungkan WiFi ke Komputer di Semua Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel