Doa Malam Lailatul Qadar Lengkap Latin, Arab dan Amalannya

doa malam lailatul qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Apabila kita berdoa dan berusaha mendapatkan pahala dengan hati yang ikhlas maka Allah SWT dengan mudah akan memberikannya, terutama mengampuni dosa - dosa kita.

Akan tetapi tidak ada yang tahu secara pasti kapan malam itu terjadi, karena Rasulullah SAW juga tidak memberitahunya. Melainkan malam lailatul qadar diperkirakan terjadi di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan.

Maka dari itu apabila sudah masuk ke sepuluh hari terkahir, alangkah baiknya kita berdoa dan beribadah sebanyak - banyaknya dengan khusyu dan hati yang ikhlas.

Aisyah radiallahu 'anha bertanya kepada Nabi SAW :


يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ القَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا؟ قَالَ: قُولِي: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي “

Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai malam lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan di malam itu ? Beliau menjawab : Ucapkanlah : Allahumma Innaka 'Afuwwun...

(HR. Ahmad 25384, At-Turmudzi 3513, Ibn Majah 3850, An-Nasai dalam Amal Al-yaum wa lailah, dan Al-Baihaqi dalam Syua’bul Iman 3426)

Abu 'Itsa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadist diatas shahih, begitu juga dengan Al Hafizh Abu Thohir.

Doa Malam Lailatul Qadar

Jadi doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW apabila kita mendapatkan malam lailatul qadar, adalah dengan membaca doa :

اللَّهُمّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ العَفْوَ فاعْفُ عَنِّي

(Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni)

Artinya : Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf. Maka maafkanlah aku. (Diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi, al-Nasa’ dan Ibn Majah)

Ucapkan doa tersebut sebanyak - banyaknya di malam lailatul qadar, karena di malam tersebut adalah waktu yang mustajad untuk berdoa kepad Allah SWT. Dan doa diatas sudah pasti kebenarannya, karena Rasulullah SAW lah yang memerintahkan istrinya untuk mengucapkan doa tersebut.

Amalan Lain di Malam Lailatul Qadar

Disamping berdoa sebanyak - banyaknya, kita juga bisa menyelingi doa dengan melakukan ibadah lainnya seperti shalat wajib juga sunah, membaca Al - Quran, dan berzikir. Meskipun akan lebih baik dilakukan pas di malam itu, akan tetapi tidak ada salahnya apabila kita melakukannya di siang hari juga. Bahkan akan lebih baik lagi apabila kita terbiasa melakukannya meskipun bukan di bulan Ramadhan.

Penutup

Jadi itulah doa malam lailatul qadar latin, silahkan catat dan hafal. Jangan lupa bacakan doa tersebut sebanyak - banyaknya supaya kita jadi manusia yang disukai Allah SWT.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Doa Malam Lailatul Qadar Lengkap Latin, Arab dan Amalannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel