Kenapa Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS ? Inilah Cara Mengatasinya

laptop tidak bisa masuk bios

Kenapa laptop tidak bisa masuk bios ? - Pengguna laptop semakin hari semakin banyak, hal ini karena fleksibilitas laptop yang sangat menguntungkan. Misalnya laptop bisa dibawa kemana - mana dan terlebih ukuran laptop saat ini lebih tipis tapi memiliki performa yang sangat tinggi dengan teknologi yg semakin canggih juga.

Tapi beberapa masalah sering kali muncul meskipun secanggih apapun teknologi laptop tersebut. Seperti apa yang akan saya jelaskan kali ini yaitu masalah dimana laptop tidak bisa masuk bios dan tentu hal tersebut sangat menganggu.

BIOS sederhananya adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengatur semua perangkat keras. Jadi Windows, Linux dan sistem operasi lainnya yang di install di laptop itu tentu membutuhkan bios sebagai pondasinya.

Maka dari itu saya berani sebutkan kalau laptop tidak bisa masuk bios itu sangat bermasalah, karena hal itu berarti bahwa laptop tidak bisa booting juga. Selain itu akan menganggu juga apabila kita ingin setting kecepatan ram dan overclock lainnya, yang mana untuk melakukan hal tersebut harus dilakukan di bios.

Mungkin hanya beberapa orang yang tahu atau yang suka dengan overclocking. Tapi untuk menginstall atau install ulang laptop dan hal itu juga harus dilakukan di bios, dimana kita merubah boot pertama dari Hardisk ke DVD ROM atau USB. Sedangkan apabila laptop gagal masuk bios semua hal itu tidak bisa dilakukan.

Sebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS

Sebenarnya ada beberapa faktor atau penyebab laptop tidak bisa masuk bios dan ada beberapa cara juga untuk mengatasi masalah tersebut. Dan di artikel ini saya akan berusaha untuk mengupas tuntas semua penyebab lengkap cara mengatasi laptop yang tidak bisa masuk bios sama sekali.

Sebelumnya mohon baca artikel ini dengan teliti dan sampai akhir supaya kamu bisa mengetahuinya dengan cepat, berikut penjelasannya.

1. Fitur Fast Booting Diaktifkan

Ini adalah salah satu fitur yang sangat menguntungkan dan merugikan. Untungnya ketika kamu mengaktifkan fast booting di laptop maka akan berdampak pada proses booting yang sangat cepat, dalam artian laptop tidak akan melalui proses boot bios terlebih dahulu, melainkan langsung boot Windows.

Tapi disamping itu ketika fitur ini diaktifkan maka laptop tidak bisa masuk bios, juga mose dan keyboard tidak akan berfungsi pada saat proses booting. Jadi meskipun kita menekan tombol untuk masuk bios pada saat proses booting pun tidak akan berguna.

Salah satu merk laptop yang bisa mengaktifkan fast booting adalah Acer, tapi mungkin beberapa merk laptop lainnya juga memiliki fitur tersebut.

Tapi tenang saja karena tidak sulit untuk mengatasi laptop Acer tidak bisa masuk bios atau merk laptop lainnya, berikut penjelasannya :

Langkah 1 : Pastikan kondisi laptop dalam keadaan mati total, dalam artian tidak dalam sleep atau hibernate

Langkah 2 : Tekan tombol "Power" bersamaan dengan tombol "F2" atau tombol untuk masuk bios, karena biasanya setiap merk laptop memiliki tombol yang berbeda.

Langkah 3 : Terus tekan kedua tombol tersebut sampai laptop bisa masuk bios kembali

Langkah 4 : Supaya cara ini tidak berulang kali dilakukan. Alangkah baiknya untuk menonaktifkan fast boot dengan cara masuk ke menu "Boot" di BIOS, kemudian ubah dari Fast Boot ke Normal Boot.

Langkah 5 : Save pengaturan tersebut dan lakukan restart seperti biasanya.

Dengan melakukan beberapa langkah diatas kamu sudah bisa masuk ke bios seperti biasanya. Mungkin bagi yang tahu akan cara masuk recovery di Android pasti akan langsung paham dengan cara diatas, karena tidak jauh beda seperti itu.

2. Kesehatan Hardisk Terganggu

laptop gagal masuk bios karena hardisk rusak

Hardisk adalah salah satu jenis penyimpanan yang paling populer, dimana penyimpanan ini sangat berpengeruh dan berguna. Selain untuk menyimpan data seperti dokumen, foto, video, dan musik, Hardisk juga berguna sebagai tempat penyimpanan sistem operasi seperti Windows.

Jadi Windows yang kamu gunakan itu terinstall di dalam Hardisk yang kamu gunakan. Maka dari itu sangat jelas, apabila kesehatan Hardisk sudah mulai menurun akan berakibat juga pada proses booting.

Penyebab laptop tidak bisa masuk bios karena kerusakan Hardisk biasanya ditandai dengan tampilan biru pada saat menyalakan laptop, yang mana biasa disebut Blue Screen.

Adapun untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mencabut Hardisk terlebih dahulu dan coba pasang kembali. Apabila laptop bisa booting secara normal berarti kerusakan Hardisk belum begitu parah. Namun apabila sudah tidak bisa masuk sama sekali, berarti kamu perlu mengeluarkan uang untuk mengganti Hardisk tersebut.

Maka dari itu kamu harus tahu bagaimana cara cek kesehatan Hardisk untuk mengantisipasi masalah ini sebelum terjadi.

3. File Sistem Rusak

Terkahir apabila laptop tidak bisa masuk bios atau gagal booting bisa disebabkan karena file sistem operasi yang rusak, baik itu disebabkan oleh serangan virus atau karena kamu oprek - oprek file tersebut sehingga ada beberapa file yang terhapus atau terganggu dan menyebabkan gagal masuk bios.

Baca Juga : Cara Atasi WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop

Untuk mengatasi laptop yang tidak bisa masuk ke bios karena penyebab ini bisa dilakukan dengan cara pertama diatas, kemudian lakukan install ulang Windows untuk mengembalikan atau memperbarui file sistem yang rusak tersebut.

Tips Antisipasi Laptop Gagal Masuk BIOS

"Lebih baik mencegah daripada mengobati"

Maka kita juga alangkah baiknya untuk membaca terlebih dahulu semua tentang pondasi sampai bangunan dari laptop itu sendiri.

Misalnya sebelu mengaktifkan fitur fast boot, seharusnya kamu membaca kelebihan dan kekurangannya supaya tidak terjadi laptop gak bisa masuk bios ataupun masalah lainnya.

Penutup

Cukup sekian untuk artikel saat ini dan itulah beberapa penyebab lengkap cara mengatasi laptop yang tidak bisa masuk bios dengan mudah. Silahkan lakukan beberapa cara diatas sebelum kamu membawanya ke tempat service, lumayan irit biaya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS ? Inilah Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel