Cara Cek Kesehatan Hardisk - Laptop & Komputer

cara cek kesehatan hardisk

Hardisk (HDD) seperti yang kamu ketahui memiliki peranan yang sangat penting dalam komputer atau laptop, dimana fungsi dia sebagai media penyimpanan. Penyimpanan disini tidak berfokus pada sistem operasi saja, melainkan semua data yang dirasa penting pasti akan tersimpan di hardisk.

Hal yang perlu kamu ketahui bahwa seberapa bagus pun hardisk pasti memiliki masa rusaknya atau umur tua nya. Dimana apabila sudah masuk ke masa tersebut pasti performa atau kerja hardisk akan berkurang karena sudah melebihi batas kemampuan dia.

Maka dari itu untuk menjaga semua data yang tersimpan tidak terhapus begitu saja, kamu harus bisa memeriksa kesehatan hardisk. Lantas bagaimana cara cek kesehatan hardisk di laptop dan komputer (PC) ?

Di artikel kali ini saya akan memberikan beberapa metode untuk mengecek kesehatan hardisk, tapi sebelumnya ada beberapa faktor umum yang bisa menyebabkan hardisk rusak, diantaranya :
  • Listrik tidak stabil
  • Listrik tiba - tiba mati ketika hardisk bekerja
  • Overheat
  • Sudah melampaui batas kemampuan (usia)
Diatas hanya beberapa penyebab umum, untuk informasi lebih lengkap nya kamu bisa masuk ke artikel :

1. Cara Cek Kesehatan Hardisk dengan Fitur Windows (Bawaan)

Windows sendiri sudah menyediakan fitur yang berguna untuk memeriksa kesehatan hardisk. Baik di windows versi terbaru atau yang sudah lama, kamu bisa menemukan fitur ini.
  • Pertama, silahkan masuk ke File Explorer
  • Selanjutnya silahkan klik kanan pada partisi (hardisk) yang ingin kamu cek kesehatannya
  • Kemudian pilih Properties
  • Setelah itu pindah ke Tab Tools dan klik Check pada Error-checking (lihat gambar dibawah ini)
cara cek kesehatan hardisk

  • Terakhir klik Scan Now apabila ada jendela perizinan muncul dan tunggu sampai proses pengecekkan selesai.
Sebenarnya fitur ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan pada hardisk. Namun dengan cara tersebut secara otomatis memberikan informasi juga akan kesehatan hardisk tersebut. Untuk hardisk yang memang memiliki banyak data mungkin akan melalui proses memeriksa yang lebih lama, jadi mohon bersabar.

2. Cara Memeriksa Kesehatan Hardisk dengan WMIC

cara memeriksa kesehatan hardisk

Metode kedua yang bisa digunakan untuk mengetahui kesehatan hardisk sama - sama memanfaatkan fitur Windows yaitu WMIC dan kamu juga bisa menemukannya di versi lama atau baru. Pada dasarnya WMIC ini akan bekerja dengan S.M.A.R.T (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology), jadi sebenarnya bukan hanya driver aja yang di analisi tapi hampir keseluruhan sistem dan data.
  • Pertama, silahkan masuk ke CMD yaitu dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard kemudian ketik "cmd" dan tekan Enter
  • Selanjutnya, ketik "wmic" dan tekan Enter
  • Setelah itu, lanjut dengan memasukkan perintah "diskdrive get status" dan tekan Enter lagi.
Seketika akan muncul status hasil dari analisa, apabila hardisk masih baik status akan ditandai dengan status "OK". Namun apabila yang muncul adalah "Pred-Fail" itu berarti ada kerusakan pada hardisk dan minta diperbaiki.

3. Cara Cek Kesehatan Hardisk dengan Sentinel

cara mengetahui kesehatan hardisk

Di metode ketiga ini kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui seberapa bagus hardisk yang kamu gunakan, apakah masih layak pakai atau tidak ? jawaban itu akan kamu dapatkan apabila menggunakan Hard Disk Sentinel.

Karena aplikasi ini akan memberikan informasi yang cukup lengkap dibanding beberapa metode sebelumnya, berikut langkah - langkahnya :
  • Pertama, silahkan download dan install Hard Disk Sentinel. Supaya proses download mudah, gunakan saja versi limited atau trial.
  • Selanjutnya silahkan buka Hard Disk Sentinel
  • Setelah itu alihkan ke beberapa tab yang tersedia. Seperti Tab Overview memberikan informasi kesehatan secara umum, kemudian Tab Temperature memeberikan informasi suhu pada hardisk dan Tab S.M.A.R.T memberikan informasi kerusakan dari setiap bidang yang ada di hardisk.
Bagaimana mudah bukan ? Selain mudah juga aplikasi ini memberikan informasi lengkap seperti apa yang saya jelaskan sebelumnya. Sebenarnya apabila performance dan health di Tab Overview sudah 100% (Excellent) itu berarti bahwa hardisk masih bagus dan layak pakai.

4. Cara Mengetahui Kesehatan Hardisk dengan CrystalDiskInfo

cara cek kesehatan hardisk

Di metode terakhir ini masih menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu CrystalDiskInfo. Namun aplikasi ini sangat sederhana, gartis dan tidak kalah lengkap dari metode sebelumnya. Selain itu yang membuat unik dari aplikasi ini adalah tersedia beberapa tema Jepang.

Mungkin bagi yang suka anime akan lebih memilih tema Jepang tersebut, karena selain memiliki tampilan yang berbeda juga terdapat pengisi suara seperti suara Uesaka Sumire yang terdapat di tema Kurei Kei.
  • Langkah pertama pastinya kamu download dan install dulu CrystalDiskInfo
  • Kemudian buka file hasil download dan buka aplikasi
  • Setelah membuka aplikasi, secara langsung kamu bisa mengetahui kesehatan hardisk pada Health Status dan suhu pada Temperature.

Berapa Persen Health dan Temperature Hardisk Normal ?

Setelah memeriksa kesehatan hardisk dan kamu mengetahui semua informasi akan kesehatan hardisk, tentu angka persen yang ada di Health Status dan Temperature adalah petunjuk apakah hardisk masih layak pakai atau tidak.
Nah sebenarnya tidak ada ketentuan bahwa di angka berapa hardisk sudah tidak layak pakai. Namun saya rasa hardisk mulai berkurang performanya apabila Health Status sudah berapa di 80% ke bawah. Adapun untuk Temperature saya rasa apabila suhu sudah mencapai 70% ke atas dan laptop atau komputer sedang dalam posisi idle, dalam artian tidak digunakan untuk keperluan berat seperti game.

Bagaimana Cara Memperbaiki Hardisk Rusak ?

Sebelum memastikan bahwa hardisk yang kamu pakai rusak, tentu kamu harus mengetahui dulu ciri - ciri hardisk yang rusak. Beberapa metode diatas memang bisa menjadi tolak ukur, namun masih ada beberapa ciri lain yang mungkin harus kamu baca lebih lanjut di artikel selanjutnya.

Selengkapnya : Cara Cek Kesehatan Hard Disk

Sederhananya hardisk rusak bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu rusak ringan dan rusak berat. Apabila kesehatan hardisk berkurang sedikit, maka dengan fitur Disk Defragment saja sudah bisa diatas. Sedangkan apabila sudah parah seperti tidak terbaca, maka tidak ada solusi lain dengan mengganti hardisk tersebut.

Cukup sekian untuk artikel kali ini dan itulah beberapa cara cek kesehatan hardisk yang bisa kamu lakukan di laptop atau komputer. Baik menggunakan HDD atau SDD sebagai media penyimpanannya dan saya sarankan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga supaya kamu bisa mengetahui informasi lebih lanjut karena kedua aplikasi tersebut akan memeriksa kesehatan hardisk secara lengkap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Kesehatan Hardisk - Laptop & Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel