Cara Defrag Hard Disk - Windows 7, 8, 10

cara defrag hardisk

Apakah kamu tahu apa itu defrag hard disk ? Apabila tahu tapi tidak bisa melakukannya atau mungkin belum tahu sama sekali, maka saya sangat menyarankan untuk membaca artikel cara defrag hardisk ini karena hal ini sangat penting, dalam artian akan memberikan efek positif terhadap kinerja laptop atau komputer.


Apa Manfaat Melakukan Defrag Hard Disk ?


Hard Disk dalam komputer atau laptop sangatlah berperan, karena semua data akan tersimpan disana. Maka melakukan perawatan seperti memeriksa kesehatan hardisk itu sangat diperlukan supaya performa tidak menurun.

Aktivitas di komputer atau laptop seperti menginstall atau uninstall aplikasi, membuka beberapa file, memindahkan atau menghapus file terkadang membuat penyimpanan di dalam hard disk berantakan. 

Sama halnya ketika murid selesai membaca atau meminjam buku dari perpustakaan, pasti beberapa buku ada yang tersimpan tidak di tempat asalnya. Dan itu menjadi tugas bagi petugas perpustakaan untuk membereskan kembali buku - buku tersebut untuk mempermudah menemukannya lagi.

Begitu juga di dalam hardisk, semua file yang kamu buka tidak selama akan tersimpan di tempat semula bahkan begitu juga ketika membuka aplikasi. Ketika beberapa file aplikasi terpisah, otomatis sistem akan mencari file tersebut sebelum membukanya dan itulah yang menyebabkan performa menurun bahkan hardisk bisa rusak.

Selengkapnya : Ciri - Ciri Hard Disk Rusak

Nah dengan mendefrag hardisk, maka masalah file terpisah seperti itu bisa teratasi. Karena tujuan utama dari fitur Defragment adalah menyusun, memisahkan, menyimpan kembali file ke tempat semulanya.


Cara Defrag Hard Disk di Laptop atau Komputer (PC)


Sebenarnya sangat mudah untuk melakukan defrag hard disk, apalagi di Windows 10. Karena fitur bisa dengan mudah ditemukan. Akan tetapi meskipun kamu menggunakan Windows 7 atau Windows 8 juga masih bisa menggunakan fitur Defragment.

Kebanyakan orang menyarankan untuk langsung masuk ke fitur defrag tersebut. Padahal alangkah baiknya ada beberapa tahapan awa sebelum melakukan defrag pada hardisk, dalam artian tahapan awal ini supaya hasil lebih maksimal lagi, diantaranya :
  1. Hapus semua file yang ada di Recycle Bin
  2. Lakukan Disk Cleanup (aplikasi bawaan Windows) supaya semua file sampah di hapus dengan baik.
  3. Hapus semua cache browser yang sering kamu gunakan
  4. Matikan internet (disconnect) untuk menghindari auto update aplikasi ketika defrag berjalan
Sekali lagi beberapa langkah diatas memang tidak wajib dilakukan. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal saya sangat menyarankan langkah tersebut. Adapun berikut cara defrag hardisk yang harus kamu ketahui :
  • Pertama masuk ke Start dengan menekan tombol icon Windows di keyboard
  • Selanjutnya pada pencarian ketik "Disk Defragment" dan buka aplikasi tersebut
  • Setelah itu klik partisi yang ingin di defrag. Sebelumnya lebih baik klik Analyze terlebih dahulu, dimana untuk mengetahui apakah hard disk harus di defrag atau tidak perlu. Apabila hasil analisa "Need Optimisation", silahkan klik Optimize untuk mulai mendefrag (lihat gambar dibawah ini)
cara defrag hardisk windows 10
  • Tunggu sampai proses benar - benar selesai dan memang membutuhkan waktu lama apabila tingkat fragment sudah tinggi
Bagaimana mudah bukan ? Memang sangat mudah karena Windows sendiri sudah menyiapkan aplikasi untuk hal tersebut dan jangan sepelekan cara sederhana tersebut, karena bisa berpengaruh terhadap kinerja laptop atau komputer.

Melakukan Defrag Otomatis Secara Teratur

Sebagai manusia pasti memiliki rasa malas atau bosan menunggu lamanya proses defrag pada hardisk. Memang susah apabila sudah muncul rasa seperti itu, akan tetapi ada solusi lain yaitu dengan menjadwalkan proses defrag. Dengan begitu sistem akan mendefrag penyimpanan secara otomatis dan teratur.
  • Pertama masuk ke Disk Defragment lagi
  • Selanjutnya klik Change settings pada Scheduled optimization (lihat gambar dibawah ini)
cara mendefrag hard disk

  • Kemudian pada Frequency pilih sesuai keinginan, apakah setiap hari, minggu atau bulan sekali melakukan defrag otomatis ini
  • Setelah itu klik Choose dan pilih partisi yang ingin di defrag secara otomatis sesuai dengan jadwal yang sudah kamu tentukan
Dengan beberapa langkah diatas kamu sudah berhasil menjadwalkan sistem untuk mendefrag hardisk secara otomatis.

Beberapa Hal Tambahan Mengenai Defrag Penyimpanan

  • Defrag hardisk hanya bisa dilakukan terhadap penyimpanan berjenis HDD (Hard Disk Drive) dan tidak berlaku untuk SSD (Solid State Drive).
  • Rentan waktu terbaik untuk mendefrag yaitu sekitar 1 - 2 bulan sekali. Jangan sampai melakukannya setiah hari karena akan berdampak buruk juga.
  • Mendefrag hardisk bukan solusi untuk mengatasi beberapa masalah seperti blue screen, laptop mati mendadak, dll. Akan tetapi hal ini membantu untuk meningkatkan kembali performa
Jadi itulah cara defrag pada hardisk yang harus kamu ketahui karena mampu meningkatkan kinerja pada laptop atau komputer. Terima kasih sudah membaca sampai sini, karena ada banyak beberapa hal tambahan yang masih bersangkutan dengan topik utama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Defrag Hard Disk - Windows 7, 8, 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel