Bantuan blt atau cara daftar blt dan daftar blt umkm untuk bantuan 600 ribu 2021

Ketentuan Lengkap Mengenai Bantuan BLT Terbaru

Bantuan BLT merupakan bantuan langsung dengan jenis-jenis yang berbeda. Termasuk di dalamnya BLT BPJS Ketenagakerjaan, BLT UMKM, dan BLT Dana Desa. Bantuan ini kembali dapat dicairkan bagi para penerima terdaftar. Adapun daftar dari penerima BLT bisa dicek secara online melalui laman web Kementerian Sosial. Yakni, lewat https://cekbansos.kemensos.go.id/

Penerima bantuan yang masuk pada daftar tersebut, meliputi golongan rumah tangga yang terdampak dari pandemi Covid-19. Hal ini dimaksudkan sebagai bantuan yang tepat sasaran guna memudahkan rumah tangga menghadapi keadaan perekonomian masa pandemi Covid-19. Di samping itu, pada jenis BLT UMKM akan disalurkan kepada para pelaku UMKM. Begitu pula dengan varian BLT lainnya 

Cara Mendaftar Bantuan BLT Lengkap

Cara daftar BLT atau Bantuan Langsung Tunai penting diketahui, utamanya bagi Anda yang ingin melakukan registrasi terhadap program ini. Prosedurnya tidak sulit, tetapi harus sesuai sebagaimana ketentuan. Pasalnya, manakala tidak sesuai prosedur, maka kemungkinan besar pendaftaran dapat mengalami kegagalan. 

Dilansir dari berbagai sumber kredibel, berikut langkah-langkah untuk melaksanakan daftar BLT secara offline khususnya untuk BLT UMKM. 

  • Daftar Melalui Dinas Koperasi dan UMKM

Prosedur daftar BLT UMKM dimulai dengan proses pendaftaran diri lewat Dinas Koperasi dan UMKM. Dinas yang dimaksudkan, meliputi dinas yang letak lokasinya ada di domisili calon penerima BLT. Saat mengajukan pendaftaran, Anda diharuskan untuk melampirkan dokumen yang disyaratkan. Diantaranya, KTP, KK, Surat Keterangan Usaha, serta NIB. Kelengkapan terhadap dokumen sangat krusial lantaran tidak terpenuhinya dokumen persyaratan dapat berimplikasi pada tidak suksesnya proses pendaftaran. 

  • Isi Formulir Lengkap

Prosedur registrasi BLT offline yang bukan daftar BLT online setelah mendatangi kantor Dinas Koperasi dan UMKM dilanjutkan dengan pengisian formulir. Nantinya, pada formulir akan tercantum apa saja yang harus diinput secara komprehensif. Isi secara lengkap agar pengajuan Anda bisa berhasil. 

  • Tunggu Proses Verifikasi

Manakala formulir telah diisi sekaligus diajukan, tunggu proses verifikasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM. Jika seluruh persyaratan juga prosedur telah ditempuh seluruhnya, besar kemungkinan pengajuan akan accepted. 

  • Terima Pemberitahuan 

Terakhir, apabila pengajuan berstatus diterima, pihak pelaku UMKM akan memperoleh pemberitahuan lebih lanjut. Besar BLT UMKM yang akan diterima, yakni Rp1.2 juta. Sama halnya dengan awal pendaftaran, nantinya pihak Dinas Koperasi dan UMKM yang akan memberikan pemberitahuan lebih lanjut perihal status pengajuan pendaftaran Anda. 

Ketentuan BLT BPJS 2021

Bantuan BLT yang disalurkan pada tahun 2021 tidak hanya terdiri dari satu jenis. Melainkan, ada beberapa variasi berbeda yang melingkupinya. Pertama, yaitu BLT BPJS 2021 atau yang sering disebut sebagai BSU. 

BSU itu sendiri merupakan program bantuan sosial yang disalurkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Penerima bantuan ini adalah pekerja serta buruh. Jumlah penerima diproyeksikan sekitar 1 juta. Berangkat dari jumlah tersebut, estimasi anggaran untuk BLT BPJS mencapai Rp8.8 triliun. 

Jenis Bantuan BLT selanjutnya, yaitu BLT UMKM. Sebagaimana yang telah disinggung pada bagian sebelumnya, ditargetkan penerima bantuan ini sekitar 3 juta penerima di tahap 2. Total anggaran yang disiapkan guna mengcover jenis BLT ini mencapai Rp15.36 triliun. Adapun masing-masing pelaku UMKM penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp1.2 juta. 

Lebih lanjut, ada pula BLT cair Dana Desa yang total anggarannya mencapai Rp28.8 triliun. Tersedia sampai Desember 2021, bantuan ini akan disalurkan kepada masyarakat terdaftar. Jumlah bantuan yang akan diterima setiap bulan sebesar Rp300 ribu. 

Prosedur Mencairkan Bantuan 600 Ribu BLT

Bantuan 600 ribu atau yang disebut sebagai Bantuan Sosial Tunai (BST) bisa dicairkan secara mudah oleh masyarakat penerima. Proses pencairannya dapat dilangsungkan melalui kantor pos. Program bantuan dari Kemensos ini ditujukan khusus bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. 

Daftar penerima bantuan BLT sebesar Rp600 ribu, yakni masyarakat yang telah terdaftar sebagai kategori Keluarga Penerima Manfaat atau KPM. Kemudian, harus pula menerima surat undangan. Masyarakat yang telah memenuhi kriteria dapat mencairkan bantuan langsung tunai Rp600 ribu lewat kantor pos. Tidak ada potongan sama sekali, menjadikan masyarakat bisa menerima BLT ini dalam jumlah yang utuh di 2021.