Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Pendapatan bulanan
Penghasilan mn Rp 2.7 Juta
2.95 % per bulan
Rate Bunga
Minimal usia pemohon 21 tahun
Usia
Apply untuk pinjaman

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan 2021

Koperasi bisa menjadi opsi jika Anda enggan mengajukan pinjaman melalui bank, fintek, atau kerabat. Terlebih tujuan koperasi adalah mensejahterakan anggotanya, sehingga Anda bisa mengajukan pinjaman koperasi dengan bunga rendah. Bagaimana caranya mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut!

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan di Koperasi Simpan Pinjam

Sebelum Anda mengajukan pinjaman, Anda harus memastikan bahwa koperasi tempat Anda meminjam adalah Koperasi Simpan Pinjam. Anda bisa mendatangai Koperasi Simpan Pinjam terdekat tanpa jaminan untuk mengajukan pinjaman tunai yang Anda kehendaki. Cobalah mencari informasi mengenai koperasi simpan pinjam terdekat di kota Anda melalui kerabat atau teman yang mungkin lebih berpengalaman.

Koperasi menganut asas kekeluargaan, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan dana kilat. Dengan menganut asas tersebut, Anda sebagai anggota tentu akan dinomorsatukan dan dilayani sebaik mungkin. Itulah mengapa pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi menjadi sangat diminati.

Hanya saja, untuk mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi terlebih dahulu.

Syarat Pinjam Uang di Koperasi Tanpa Jaminan

Bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi. Syarat pinjam uang di koperasi tanpa jaminan ini jika Anda penuhi sebaik mungkin, besar kemungkinan pengajuan Anda akan diloloskan.

Pertama, pastikan Anda terdaftar sebagai anggota koperasi atau calon anggota koperasi. Isi formulir yang diberikan untuk permohonan pengajuan pinjaman. Lalu, lampirkan fotokopi KTP, fotokopi NPWP (untuk pinjaman di atas Rp 50 juta), fotokopi KK (jika disyaratkan), fotokopi rekening listrik (jika disyaratkan), fotokopi buku pensiun (jika disyaratkan), dan berkas jaminan (bagi pengajuan pinjaman dengan jaminan).

Setelah semua persyaratan di atas Anda penuhi, Anda bisa ajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan. Cara pinjam uang di koperasi tanpa jaminan pun cukup mudah. Setelah Anda terdaftar sebagai anggota koperasi dengan mendapatkan legalitasi dan transparansi SHU, Anda tinggal mengikuti cara pengajuan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi.

Pertama, serahkan semua berkas yang sudah Anda siapkan di atas ke koperasi tujuan Anda. 

Kedua, sertakan pula proposal pengajuan pinjaman yang menjelaskan alasan-alasan Anda mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan. Proposal ini akan menjadi bahan pertimbangan apakah pengajuan Anda bisa diloloskan atau tidak.

Ketiga, saat proposal Anda disetujui, maka Anda akan mendapatkan konfirmasi dan pencairan dana, juga pengembalian dana, sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam akan pinjaman koperasi.

Kelima, Anda akan diminta menyetujui bagi hasil dan angsuran yang perlu Anda bayar per bulan.

Maka, setelah semua tahapan di atas Anda lalu, Anda tinggal menunggu pencairan dana pinjaman koperasi tanpa jaminan yang sebelumnya Anda ajukan.

Sekadar informasi, mengingat ini adalah koperasi simpan pinjam dan pinjaman yang Anda ajukan adalah pinjaman koperasi tanpa jaminan, maka dana yang Anda dapatkan tidak sebesar jika Anda mengajukan melalui bank. Namun, koperasi yang menganut asas kekeluargaan akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda sebagai peminjam sekaligus anggota.

Apa Saja Keuntungan Pinjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Jaminan?

Koperasi memiliki beberapa jenis, di mana jika Anda hendak mengajukan, maka Koperasi Simpan Pinjamlah tempatnya. Jangan sampai Anda salah masuk karena tidak semua koperasi melayani layanan pinjaman. Adapun jenis koperasi antara lain, Koperasi Produksi, Kopersi Konsumsi, Koperasi Pemasaran, Koperasi Serba Usaha, dan Koperasi Simpan Pinjam.

Adapun keuntungan jika Anda mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan antara lain; Anda akan menikmati syarat dan proses pengajuan dana yang mudah karena asas kekeluargaan yang dianut. Anda juga akan mendapatkan bunga flat atau cenderung turun. Ketika Anda memilih meminjam melalui koperasi, Anda sekaligus menekan praktik rentenir karena koperasi menggunakan sitem bagi hasil. Anda bisa menggunakan sisa hasil usaha untuk mengurangi bunga pinjaman dan tentunya bunga pinjaman di koperasi lebih rendah.

Sampai di sini, tentunya Anda tidak perlu ragu lagi mengajukan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi

Cek juga